Jamin Pemudik 2018, PUPR Tambah Lampu dan Marka Jalan

JAKARTA-Infrastruktur jalan tol untuk menampung arus mudik dinilai sudah siap. Namun begitu pemudik diharap menjaga kehati-hatian terutama dalam penggunaan tol yang masuk tahap operasional sudah layak fungsi.

Hal itu meliputi tingkat kehalusan jalan sehingga tidak berbahaya bagi ban kendaraan. Selain itu juga rambu lalu lintas sudah terpasang. “Lampu, marka jalan, rambu-rambu semua sudah disiapkan,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, Senin (4/6/2018).

Menurut Basuki, jamin jalur mudik tahun ini diprediksi aman. Oleh karena itu, guna meningkatkan kenyamanan pemudik, rest area akan ditambah. Rest area pun akan dilengkapi oleh berbagai fasilitas. “Setiap 20 kilometer (km) akan disiapkan rest area lengkap dengan fasilitas pom bensin, air, mushola, fasilitas kesehatan, dan kuliner,” tambahnya.

Sementara itu untuk jalan tol yang masih fungsional belum terdapat lampu dan marka jalan. Basuki bilang tol yang masih fungsional akan digunakan hanya pada siang hari.

Selain jalan tol, juga terdapat jalur pantai selatan (Pansela) Jawa yang didorong dapat mengurai kemacetan. Tingkat keamanan jalur tersebut pun diungkapkan Basuki telah sesuai dengan standar. “Pansela sudah oke sampai Pacitan, belum nyambung sampai Banyuwangi,” jelas Basuki.

Asal tahu saja, PUPR telah mempersiapkan tiga jalur pada mudik tahun 2018. Pertama jalur Pantai Utara Jawa (Pantura), ini mempunyai panjang 1.341 km, jalur lingkar tengah sepanjang 1.197 km, dan Pansela 1.405 km. ***