Jokowi Diminta Selesaikan Proyek JSS

Jumat 22 Agu 2014, 8 : 30 pm
beritatrans.com

JAKARTA-Pemerintahan baru yang dipimpin Presiden terpilih, Joko Widodo tampaknya akan mendapat tugas menyelesaikan mega proyek Jembatan Selat Sunda (JSS). “Salah satunya Jembatan Selat Sunda (JSS) yang akan direkomendasikan ke pemerintah baru,” kata Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas Dedy S. Priatna di Jakarta, Jumat (22/8/2014)

Menurut Dedy, ada total sekitar 25 proyek yang belum tuntas. Dari total 40 proyek, sebanyak 15 proyek akan dilaksanakan pemerintah sekarang. “Sisanya akan direkomendasikan ke pemerintah baru,” ujarnya

JSS merupakan bagian dari Kawasan Strategis dan Infrastruktur Selat Sunda (KSISS) yang terletak di wilayah Lampung dan Banten. Proyek bernilai US$ 25 miliar tersebut masih belum dapat diputuskan sampai saat ini. “Meskipun pada pemerintah Presiden SBY, sudah ada Perpres No 86 Tahun 2011 mengenai pengembangan Kawasan Strategis dan Infrastruktur Selat Sunda (KSISS),”

Diakui Dedy, ada kendala dalam rencana pembangunan JSS, yakni  terletak pada keputusan pilihan alternatif penugasan dan pengusahaan, baik unsolicited maupun solicited. “Proses studi kelayakan atau feasibility study (FS) memang sempat dilakukan, akan tetapi belum berjalan optimal,”

Dedy menambahkan sebaikanya membentuk tim yang solid untuk membantu membuat FS yang kompeten. Sehingga fokus proyek tidak hanya berkutat pada jembatan. Melainkan kawasan yang sangat strategis. “Rencana awal agar pelaksanaan fisik dapat dimulai tahun 2014, maka pilihan alternatif pengusahaan kawasan perlu segera diputuskan,” tegasnya

Proyek MP3EI mungkin bisa dihilangkan oleh pemerintah selanjutnya. Namun proyeknya tetap akan direkomendasikan. “MP3EI itu bisa hilang, tergantung pemerintah baru. Tapi kan proyeknya sudah masuk dalam RPJMN. Jadi tetap akan dibangun,” pungkasnya. (ek)

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

BSI dan Laznas BSM Umat Beri Bantuan Rp80 Juta untuk Dua Rumah Singgah di Jakarta 

JAKARTA-BSI dan Lembaga Amil Zakat Nasional Bangun Sejahtera Mitra Umat

Pembiayaan Pasar Keuangan Kunci Pertumbuhan Berkualitas

JAKARTA-Pembiayaan atau investasi yang dilakukan melalui pasar keuangan dapat mendorong