Ketahanan Industri Perbankan Tetap Kuat

Tuesday 7 Oct 2014, 8 : 29 pm
by

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat stabilitas sistem keuangan masih solid ditopang oleh ketahanan sistem perbankan dan relatif terjaganya kinerja pasar keuangan. Ketahanan industri perbankan tetap kuat dengan risiko kredit, likuiditas dan pasar yang cukup terjaga, serta dukungan modal yang kuat.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara mengatakan pada Agustus 2014, rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) masih tinggi sebesar 19,23%, jauh di atas ketentuan minimum 8%, sedangkan rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) tetap rendah dan stabil di kisaran 2,00%.

Sementara itu, pertumbuhan kredit kepada sektor swasta melambat menjadi 13,4% (yoy) dari bulan sebelumnya sebesar 15,0% (yoy), sejalan dengan proses penyesuaian dalam perekonomian. Di sisi lain, kondisi likuiditas perbankan membaik seiring dengan operasi keuangan pemerintah yang mulai ekspansif. Hal itu tercermin pada pertumbuhan M2 dan Dana Pihak Ketiga (DPK), yang masing-masing mencapai 11,0 % (yoy) dan 11,6% (yoy) pada Agustus 2014. “Beberapa bank mulai menurunkan suku bunga simpanan. Sementara itu, kinerja pasar modal pada September 2014 masih relatif baik di tengah tekanan pasar keuangan global. Ke depan, BI terus mencermati risiko yang dapat mengganggu stabilitas sistem keuangan, termasuk peningkatan utang luar negeri korporasi,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Di Tengah Krisis APBN, Ketua DPD Naik Pesawat Charteran Rp 715 Juta

JAKARTA-Center For Budget Analysis (CBA) kembali mengungkap pemborosan anggaran negara

Calon Jemaah Yang Sudah Pernah Berhaji Harus Bayar Visa Progresif

JAKARTA-Pemerintah Arab Saudi memberlakukan kebijakan baru yakni, visa progresif bagi