Kiai Maman: Tragedi Mina Seharusnya Tidak Terjadi Lagi

Jumat 25 Sep 2015, 12 : 38 am
by
KH Maman Imanulhaq bersama sang guru bangsa, KH Abdurrahman Wahid

JAKARTA- Anggota Komisi VIII DPR KH Maman Imanulhaq menepis jika insiden yang terjadi di Jalan (syari’) Al’arab 204 yang menyebabkan 220 orang meningal dunia serta korban luka-luka 400 orang dipicu over capacity. Sebab, dengan jumlah jamaah yang sama pada tahun lalu, menurut politisi PKB ini, insiden serupa tidak terjadi, Jakarta (24/9). “Secara logis, ini bukan over capacity. Bisa jadi ada faktor lain yang masih kita gali informasi di lapangan”, ungkap Maman.

Menurutnya, tragedi Mina ini menambah panjang daftar catatan buruk penyelenggaran haji tahun ini. Kejadian Mina pagi ini, karena minimnya petugas dan kurangnya informasi yang menjadikan “tubrukan” antara jamaah yang usai melontar jumrah dengan yang baru mulai masuk lokasi.
Karena itu, Maman menilai Korban beruntun jamaah haji akibat kelalaian ini mestinya jadi bahan evaluasi sehingga insiden Mina tidak terulang lagi.

Beberapa hal yang harus diantisipasi sejak dini, lanjut Maman, adalah sikap jamaah yang sulit diatur juga Kapasitas yang terlalu padat yang dipaksakan. “Insiden ini jangan hanya dilihat sebagai kecelakaan, harus ada evaluasi dan perbaikan”, tegasnya lagi.

Dia berharap, kedepan harus diperbaiki sistem pengaturan atau manajemen alur pergerakan jamaah saat ritual melempar jumroh yang kacau saat ini yang tidak menerapkan jalur lambat, jalur sedang, dan jalur cepat. Tanpa ada kajian serius yang diikuti perbaikan, acara ritual haji bisa menjadi event sangat berbahaya. Tentu hal ini tidak diinginkan. “Satu hal penting adalah kepada masyarakat dan media agar tidak memposting atau menginformasikan peristiwa, data dan fakta yang belum pasti. Karena hanya akan membuat kepanikan bagi jamaah yang lain serta keluarganya di Tanah air”, pungkas Maman.

 

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Stimulis Fiskal dan Kenaikkan Suku Bunga Bertahap Kunci Hadapi Krisis Ekonomi Global

JAKARTA-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan kebijakan bank sentral

Industri Manufaktur Dongkrak Ekonomi Tumbuh Signfikan

JAKARTA-Industri manufaktur di Indonesia masih menunjukkan geliat yang positif untuk