Kinerja Keuangan Impresif Jadi Penopang Reli Bullish Saham PGEO

Saturday 8 Jul 2023, 9 : 29 am
by
ILUSTRASI

JAKARTA-PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) mencatatkan performa positif dalam dua bulan terakhir ditopang oleh catatan impresif dalam kinerja keuangan perusahaan.

Sejak menyentuh level terendah 10 April lalu di harga Rp615, saham PGEO perlahan mulai pulih dan ditutup di Rp825/saham pada perdagangan Kamis (6/7).

Artinya dalam kurun waktu kurang dari dua bulan, PGEO mencatatkan kenaikan hingga 34%.

Tren bullish saham PGEO dua bulan terakhir didorong oleh laporan keuangan yang ciamik untuk tiga bulan pertama tahun ini.

Sepanjang kuartal I-2023, laba bersih PGEO melonjak 49,3% secara tahunan (yoy) menjadi US$ 46,96 juta atau setara Rp704,4 miliar dengan asumsi kurs Rp15.000/US$.

Tak kalah impresif, kinerja top line perusahaan juga terdongkrak 19% (yoy) menjadi US$ 102,61 juta (Rp 1,54 triliun).

Pendapatan tersebut masih didominasi oleh perolehan dari Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Kamojang (39%), Lahendong (21%) dan Ulubelu (27%).

Sementara itu meski kontribusi WKP Karaha (2,5%) dan Lumut Balai (10,5%) masih relatif kecil, namun keduanya mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang paling besar, dengan yang disebutkan pertama naik 416% secara tahunan.

Hal ini memberikan indikasi bahwa masih ada ceruk besar dalam potensi bisnis perusahaan di masa depan.

Perusahaan juga mampu melakukan efisiensi yang terbukti dari turunnya beban umum dan administrasi hingga 50% menjadi hanya US$ 517 ribu dan secara bersamaan mampu mencatatkan kenaikan pendapatan keuangan dan lain-lain.

Kondisi keuangan yang sehat tersebut menjadi alasan bagi sejumlah analis untuk merekomendasikan saham PGEO dengan peringkat beli.

Setidaknya ada tiga analis dari sekuritas ternama RI yang memberikan peringkat tersebut yakni Mandiri Sekuritas dengan target harga Rp 1.200/saham, BRI Danareksa Rp1.050/saham dan Bahana Sekuritas di harga Rp1.090/saham.

Ketiga target harga tersebut memberikan indikasi potensi kenaikan harga saham PGEO di kisaran 27% hingga 45%.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

IKAL PPSA XXI Dukung Askari Jadi Hakim Konstitusi

JAKARTA-Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) PPSA XXI mendukung dan berharap

Manfaat di Balik Layanan Asuransi Ketika Berbelanja di E-Commerce

JAKARTA-Di zaman sekarang, akses masyarakat untuk perlindungan dari berbagai macam