Koalisi Warga Untuk Keadilan Akses Kesehatan Tolak Vaksin Gotong Royong Berbayar

Monday 12 Jul 2021, 3 : 09 pm
by
Koalisi Warga Untuk Keadilan Akses Kesehatan
Petugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 AstraZeneca saat vaksinasi massal di Taman Slamet, Malang, Jawa Timur, Kamis (10/6/2021). Pelaksanaan vaksinasi massal kepada masyarakat umum tersebut sengaja diadakan di taman untuk mengurangi rasa takut terhadap jarum suntik bagi sebagian penerima vaksin sekaligus sebagai sarana sosialisasi keamanan vaksin. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc.

JAKARTA-Koalisi Warga untuk Keadilan Akses Kesehatan mendesak pemerintah mencabut program vaksinasi gotong royong berbayar.

Praktik seperti ini jelas merupakan sebuah pelanggaran terhadap hak kesehatan masyarakat yang dilindungi oleh Konstitusi.

Hal ini juga jelas sebuah bentuk kebohongan dan inkonsistensi nyata dari janji Presiden Joko Widodo yang menyatakan pada Desember 2020 lalu bahwa Vaksin Covid-19 diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat.

“Vaksinasi Gotong Royong berbayar ini bukan hanya merupakan cermin kegagalan pemerintah dalam menjalankan mandatnya melakukan vaksinasi Covid-19, namun juga menegaskan bahwa pemerintah tidak etis karena membisniskan vaksin Covid-19 yang merupakan public good untuk perlindungan kesehatan warganya,” ujar Narahubung Koalisi Warga untuk Keadilan Akses Kesehatan Firdaus Ferdiansyah di Jakarta, Senin (12/7).

Baca juga :  Banyak Beton Ambruk Di PSN, Negara Dirugikan

Superti diberitakan, di tengah krisis pandemi, pemerintah dimandatkan konstitusi untuk memenuhi hak atas kesehatan setiap warga negara.

Termasuk di antaranya untuk mendapatkan vaksin Covid-19 secara gratis.

Kenyataannya, saat kasus melonjak tajam seperti sekarang, pemerintah justru mengeluarkan program vaksin gotong royong berbayar untuk individu/perorangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Halalkan Segala Cara, Budiman Sudjatmiko Jadi Penjilat Prabowo Subianto

JAKARTA – Aktivis 1998 Budiman Sudjatmiko menghalalkan segala cara untuk

AIA Raih Indonesia Digital Popular Brand Award 2016

JAKARTA-Salah satu perusahaan asurasi terbesar di Indonesia, AIA, berhasil merengkuh