Kombas Beri Sinyal Batik Bekasi Siap ‘Go Nasional’

Sunday 4 Oct 2020, 11 : 15 pm
by

BEKASI-Ketua Komunitas Batik Bekasi (Kombas) Barito mengajak warga masyarakat untuk terus melestarikan batik tradisional berciri khas Betawi, yakni Batik Bekasi.

Dirinya memaparkan, saat ini setidaknya ada 20 perajin baru di seluruh Kota Bekasi yang telah mengikuti uji kompetensi dan mengantongi sertifikat dari kementerian pusat.

“Sekarang kita memiliki 20 orang lebih perajin baru yang telah bersertifikasi. Dengan adanya sertifikasi ini temen-temen yang sudah mengikuti uji kompetensi ini bisa mengajar juga (membatik),” ungkap Barito ditemui sesudah menjadi juri Lomba Batik Bekasi, Kemarin Jumat (04/10/20)

Menurut Barito, dalam perkembanganya, Batik Bekasi yang memiliki 13 pakem yang mencerminkan kebudayaan betawi, dan sudah disetujui pakem tersebut oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

“Untuk pakem Alhamdulillah nambah 1 jadi 13 pakem, bila saya inventarisir sudah mencapai seratus lebih gambar di batik Bekasi, seperti misal motif bambu, ya ini kita kembangkan terus coraknya,” beber Barito.

Dikatakan Barito, saat ini batik Bekasi sudah mulai dikenal oleh masyarakat, banyak diantaranya yang memesan untuk keperluan hajatan maupun souvenir.

Dirinya pun berharap batik Bekasi akan lebih dikenal, khususnya oleh warga masyarakat kota Bekasi terlebih dahulu, bila masyarakat sudah mengenal, baru kita siap Go Nasional

“Target saya ga muluk muluk. seluruh masyarakat Kota Bekasi sudah tau dan sudah memakai Batik Bekasi, bila sudah mengenali, baru kita merambah nasional” pungkas Barito. (Ri/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Orba Muncul, Setara Institute Ingatkan Rakyat, Waspadai Kebangkitan Otoritarianisme

JAKARTA-Tiga pasangan Capres dan Cawapres telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan

Jokowi Perlu Rangkul Senior Guna Dukung Tito

JAKARTA-Anggota Komisi III DPR RI FPKS Nasir Djamil menyarankan agar