KOPI Lanjutkan Rencana Kerjasama Dengan Shizuoka Gas

Wednesday 9 Jun 2021, 8 : 38 pm
by
PT Mitra Energi Persada Tbk

JAKARTA-PT Mitra Energi Persada Tbk (KOPI) menegaskan, perseroan akan melanjutkan rencana kerjasama dengan Shizuoka Gas Co Ltd, terkait investasi baru di bidang logistik, pembangkit gas dan energi terbarukan di wilayah Indonesia.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Direktur Utama KOPI, Ivo Wongkaren usai pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Rabu (9/6).

Dia menyebutkan, pematangan kerjasama dengan Shizuoka Gas sudah dilakukan sebelum kondisi pandemi Covid-19.

“Karena kondisi pandemi, pelaksanaan dari rencana itu mundur. Tetapi, sejauh ini kami tetap maju terus untuk bekerjasama dengan Shizuoka Gas dan kami tetap melakukan pembicaraan,” ucapnya saat Public Expose KOPI yang dilakukan secara virtual.

Dia mengatakan, kelanjutan rencana kerjasama tersebut dikarenakan oleh kondisi perekonomian di dalam negeri yang sudah memasuki tren perbaikan.

“Di akhir tahun ini, paling tidak kami sudah mulai melakukan trial untuk penyaluran gas,” ujar Ivo.

Pada RUPST hari ini, para pemegang saham menyetujui rencana KOPI yang tidak akan membagikan dividen dari laba bersih 2020. Berdasarkan laporan keuangan KOPI yang dipublikasi Bursa Efek Indonesia (BEI), pada 2020 jumlah laba bersih Mitra Energi Persada tercatat menurun menjadi Rp888,85 juta dari Rp6,75 miliar di 2019.

Pada laporan keuangan KOPI untuk tahun yang berakhir 31 Maret 2021, perseroan meraih laba bersih sebesar Rp1,68 miliar, sedangkan pendapatan dari operasi yang dilanjutkan mencapai Rp54,11 miliar.

Menurut Direktur KOPI, Husni Heron, pada tahun ini perseroan menargetkan jumlah pendapatan sebesar Rp200 miliar atau lebih besar dibanding perolehan di 2020 yang senilai Rp198,22 miliar.

“Kalau bottom line di 2021 diperkirakan akan jauh lebih banyak dibanding laba bersih kami di 2020,” imbuhnya.

Guna mendukung pencapaian target di 2021, kata Husni, KOPI mengalokasikan belanja modal (capex) sebesar Rp20 miliar yang sumber dananya berasal dari kas internal perseroan dan pinjaman perbankan.

“Saat ini realisasi capex kami sudah Rp7 miliar untuk pengembangan CNG,” ucap Husni.

Selain bekerjasama dengan Shizuoka Gas, menurut Direktur dan Corporate Secretary KOPI, Said August Putra, upaya pencapaian target di tahun ini akan dilakukan perseroan dengan meningkatkan jumlah konsumen baru, baik dari industri yang sudah dilayani, yaitu kertas, karet remah dan industri lainnya.

Bahkan, KOPI juga akan mengupayakan untuk menambah konsumen melalui pipa maupun moda CNG.

“Perseroan akan meneruskan upaya efisiensi atas biaya-biaya dengan tetap memperhatikan kualitas dan standar yang ditetapkan,” kata Said.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Mentan Syahrul: Sektor Perkebunan Andalan Devisa

JAKARTA-Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan perkebunan merupakan subsektor

UMKM Indonesia Didorong Pasarkan Produk Secara Online

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) bersama penyedia platform digital bersinergi mendukung kesiapan