Laju IHSG Berpotensi Melemah, Koleksi Saham Rekomendasi Analis

Thursday 30 Sep 2021, 9 : 57 am
by
IHSG, bursa saham, sekuritas
Ilustrasi

JAKARTA-Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini berpeluang untuk melanjutkan proses kenaikan, setelah kemarin ditutup menguat sebesar 0,81 persen ke level 6.162.

Menurut analis PT Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus dalam riset harian (30/9), laju IHSG tetap memiliki potensi untuk bergerak menguat menuju area atas 6.200.

“Berdasarkan analisa teknikal, kami melihat saat ini IHSG berpeluang untuk bergerak menguat dan diperdagangkan pada kisaran 6.118-6.218,” ujarnya.

Dia menilai, pernyataan Gubernur The Fed, Jerome Powell dan sejumlah petinggi Bank Sentral Eropa terkait kehati-hatian terhadap laju inflasi menjadi sentimen positif bagi para pelaku pasar, mengingat saat ini laju inflasi mulai meningkat karena adanya gangguan rantai pasok di tengah tingginya permintaan.

Sementara itu, sentimen dari dalam negeri ada pada rencana pemerintah terkait ekspor energi listrik sebesar 300 megawatt melalui transmisi bawah laut 400 kilovolt ke kawasan Asia Tenggara.

Nantinya, listrik yang akan diekspor tersebut akan bersumber dari energi baru terbarukan.

Untuk perdagangan hari ini, Nico Demus menyampaikan bahwa Pilarmas Investindo Sekuritas merekomendasikan kepada para investor untuk mempertimbangkan akumulasi pembelian saham ASRI dan BIRD pada hari ini.

Perkiraan senada disampaikan oleh analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Suryawijaya yang mengatakan bahwa pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini akan berbalik melemah.

Adapun rentang support-resistance berada di posisi 5.969-6.202.

“Perkembangan dari pergerakan IHSG masih terlihat betah berada dalam fase konsolidasi wajar, karena minimnya sentimen positif yang dapat mem-booster kenaikan IHSG hingga jelang berakhirnya Kuartal III-2021,” kata William.

Dengan demikian, laju IHSG memiliki potensi pelemahan yang lebih besar, dibandingkan peluang untuk melanjutkan proses kenaikan.

“Apda hari ini IHSG berpotensi untuk bergerak melemah,” ucap William.

Maka, lanjut dia, pada perdagangan hari ini Indosurya Sekuritas merekomendasikan kepada para investor untuk mengoleksi saham BBCA, BBNI, UNVR, AALI, SMGR, ASII dan AKRA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Gandeng Bank BUMN, Volume Penjaminan KUR Jamkrindo Capai Rp33,9 Triliun

SURABAYA-Dalam rangka mensuskseskan UU No. 1 Tahun 2016 tentang Penjaminan

Juara Piala AFF U-22 Tahun 2019, Presiden Ucapkan Selamat ke Timnas Indonesia

JAKARTA-Tim Nasional (Timnas) Indonesia berhasil keluar sebagai juara Piala AFF