Lantik 400 Wisudawan, Rektor: Lulusan Ikopin Harus Adaftif Dengan Dunia Digital

Saturday 16 Sep 2023, 7 : 52 pm

JATINANGOR– Universitas Koperasi Indonesia atau Ikopin University kembali menggelar prosesi wisuda ke 50.

Kini, Sebanyak 400 wisudawan secara resmi dinyatakan lulus sebagai sarjana oleh Rektor Ikopin University Prof. Dr. Ir. Agus Pakpakhan, MS pada Sabtu (16/9/2023), bertempat di Gedung Graha Suhardani.

Adapun ratusan wisudawan itu terdiri dari jenjang sarjana ahli madya Administrasi bisnis (D-3), Sarjana (S-1) dan Magister (S-2).

“Total ada 400 wisudawan diantaranya dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude,” tutur rektor yang akrab disapa Prof Agus.

Lebih lanjut rektor yang baru menjabat 1 tahun setelah peralihan Ikopin dari institut menjadi universitas menjelaskan wisuda itu berasal dari prodi D3 bisnis, S-1 ekonomi syariah, akuntansi, manajemen dan S2 manajemen.

Sedangkan prodi sarjana sain data, agribisnis dan teknologi pangan belum ada yang lulus.

Mengingat prodi tersebut baru dibuka buat mahasiswa setelah perubahan statuta Ikopin menjadi Universitas.

Bagi Universitas Koperasi Indonesia (Ikopin University) ini merupakan wisuda ke 50 kalinya sejak Ikopin berdiri sejak 1982.

Dan menjadi wisuda yang kedua kalinya setelah menjadi universitas.

Dalam sambutan di acara wisuda Prof. Dr. Ir. Agus Pakpahan MS, berpesan perjalanan menggapai cita-cita belum selesai.

Justru ini awal memulai memperjuangkan cita -cita.

Dengan terjun ke berbagai dunia usaha atau karier pekerjaan.

Dengan ilmu dan keterampilan yang telah dimiliki selama belajar di Ikopin University.

Namun jangan lupa, sebagai sarjana dari kampus koperasi, jangan berhenti belajar dan adaptif terhadap kemajuan teknologi informasi yang tengah berkembang pesat saat ini.

Tak kalah penting, semangat untuk mengembangkan koperasi harus tetap dijalankan dimana pun berkarya.

Rektor Ikopin University Prof. Dr. Ir. Agus Pakpakhan, MS
Rektor Ikopin University Prof. Dr. Ir. Agus Pakpakhan, MS

Hal yang sama dikatakan Ketua Ikatan Alumni (IKA) Ikopin University Entis Sutisna, pada sambutan dihadapkan 400 wisudawan.

“Tunjukan nanti 10 tahun atau 15 tahun lagi anda sebagai alumni yang bisa membanggakan almamater dengan menjadi alumni yang kesuksesan,” ujarnya.

Lanjut Entis, banyak alumni Ikopin University yang sukses diberbagai profesi. Ada yang jadi pengusaha, kepala daerah, anggota dewan, tentara, polisi dan lain-lain.

Dalam acara wisuda juga di isi orasi ilmiah yang dibawakan oleh pakar IT yang juga Founder and Chairman Citiasia Inc Dr. Cahyana Ahmadjayadi tentang, “Pentingnya Teknologi Digital Bagi Kemajuan Koperasi.”

Menurut Cahyana, dalam persaingan dunia bisnis yang kian ketat dan cepat, keberadaan teknologi digital harus mampu diterapkan jika koperasi ingin maju. Ada beberapa efek positif seperti, memperkuat efisiensi usaha maupun manajemen, tanggungjawab sosial misal, produktivitas koperasi yang berkelanjutan.

Dan yang tidak kalah penting efek keterbukaan dan berkeadilan. Dengan teknologi digital didalamnya ada yang namanya blockchance. Dengan blockchance koperasi dapat melakukan pencatatan keuangan yang tidak mudah begitu saja bisa direkayasa. Dengan begitu untuk pengawasan juga lebih transparan. “Jadi teknologi digital menjadi tool bagi koperasi untuk kemajuan dengan memperluas bisnis, menjalin kerjasama lebih luas dengan pelaku bisnis lainnya,” ungkap Cahyana.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PUPR:Kualitas SDM, Kunci Profesionalisme Kontraktor Nasional

JAKARTA-Kontraktor Indonesia sudah memiliki kemampuan mengerjakan hampir seluruh proyek-proyek infrastruktur

Rekayasa Penyidikan Polda Bali, Batu Uji Revolusi Mental Polri

JAKARTA-Perhimpunan Gerakan Advokasi Anti Suap (PEGAAS) berharap konsep revolusi mental