Legislator PAN Minta Pengelolaan Sampah TPST Bantar Gebang Jadi Sumber Energi

Thursday 21 Sep 2023, 9 : 26 am

JAKARTA-Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi mendorong PT PLN (Persero) untuk mengelola sampah yang berada di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang agar menjadi sumber energi.

Hal tersebut karena sampah yang ditampung di TPST Bantar Gebang terus bertambah setiap harinya.

Sehingga, perlu diolah kembali agar tidak mengganggu kesehatan masyarakat sekitar.

“Saya tahu bahwa PLN ini melakukan pengolahan sampah menjadi energi. Nah sampai sejauh mana untuk Bantar Gebang ini? Karena Bantar Gebang ini termasuk yang besar, bukan TPA tapi TPST,” paparnya.

Hal itu mengemuka dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VI dengan beberapa Direktur Utama seperti Direktur Utama PT. PLN (Persero), Direktur Utama PT. Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau ID Food, dan Direktur Utama PT. Reasuransi Indonesia Utama (Persero), terkait usulan PMN BUMN, di Gedung Nusantara I DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (20/09/2023).

“Sudah ada katanya (pengelolaan sampah menjadi energi) tapi hanya bisa 2,1 ton, sehingga menurut saya ini harus betul betul menjadi project dari PLN,” ujar Intan.

Lebih lanjut, Politisi Fraksi PAN ini mengatakan bahwa saat ini, lahan kosong di sekitar Bantar Gebang bahkan tidak dapat dimanfaatkan menjadi pemukiman atau fasilitas kesehatan dan fasilitas sosial apapun.

Sebab, wilayah sekitar TPST Bantar Gebang sendiri dinilai tidak layak secara kesehatan.

Untuk itu, pengelolaan sampah menjadi energi diharapkan dapat dirasakan manfaatkan bagi masyarakat.

“Di Bantar Gebang ini ada lahan kosong saja tidak bisa dibangun, baik itu untuk pemukiman ataupun Fasum, Fasos, karena tidak layak, secara kesehatan tidak layak. Jadi kalau memang kemudian ini bisa mengurai masalah sampah menjadi energi, tentu multiplayer efeknya akan panjang juga,” jelasnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Warga memasukkan surat suara dalam pemungutan suara ulang di TPS 71 Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (24/4/2019)/Foto: Kompas.id

Dugaan Kecurangan Pemilu, Setara Institute: Ada Kemunduran Kualitas Demokrasi

JAKARTA-Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan (PDI-P) Megawati

Cadev Akhir Februari 2016 Sebesar US$104,5 Miliar

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia akhir