Mahfud Optimistis Hakim MK Berani Buat Keputusan Monumental

Monday 25 Mar 2024, 1 : 34 pm
Cawapres No Urut 3, Mahfud MD

JAKARTA–Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03 Mahfud MD, optimistis para hakim di Mahkamah Konstitusi (MK) memiliki keberanian untuk membuat keputusan  monumental (landmark decision).

Landmark decision adalah putusan yang dibuat sebagai precedent  karena tidak ditampung  peraturan yang ada.

Keputusan monumental diyakini akan berdampak positif bagi MK di tengah citra lembaga ini yang terpuruk dalam beberapa tahun terakhir.

Pasalnya, ada hakim dan pegawai MK yang  dijebloskan ke penjara, dan ada yang diberi sanksi  Majelis Kehormatan MK (MKMK) karena melanggar etik.

Padahal, pada tahun 2012, MK Indonesia termasuk  10 MK terbaik di dunia menurut Harvard Handbook karya Alex Tomsay.

Buku itu mencatat MK Indonesia sebagai lembaga yudisial yang paling efektif.

“Saya harap MK sekarang ini bisa melakukan itu. Modalnya hanya satu, berani. Apa yang ditakuti? Putusan kita serahkan kepada hakim. Tetapi ini akan kita jadikan sebagai panggung teater untuk menunjukkan bahwa hukum itu seharusnya begini, bahwa moral mendasari setiap kegiatan penegakan hukum, dan kegiatan politik. Bukan soal prosedur semata-mata,” tegas Mahfud dikutip dari Podcast Prof Rhenald Kasali, Senin (25/3/2024).

Ketua MK periode 2008-2013 itu berharap para hakim di MK kini memiliki kesadaran dan kemauan untuk membuat putusan  monumental di tengah keraguan publik terhadap MK.

Cawapres yang berpasangan dengan Capres Ganjar Pranowo itu mengatakan,  siap mengajukan bukti dan saksi dalam  persidangan di MK pada sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2024.

Diketahui, tim hukum Ganjar-Mahfud yang diketuai Todung Mulya Lubis telah mendaftarkan gugatan hasil perolehan suara Pilpres 2024 ke MK, pada Sabtu (23/3/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Seperti Jokowi di 2013, Ganjar Pranowo Bacakan Dedication of Life Bung Karno

JAKARTA-Sama seperti yang dulu pernah ditugaskan kepada Presiden Joko Widodo
Presiden Jokowi pun mengingatkan jajaran Polri untuk tidak ragu-ragu mengusut mafia-mafia tanah yang ada

Bukan Lockdown, Jokowi: PPKM Mikro Kebijakan Paling Tepat

JAKARTA-Presiden RI Joko Widodo mengatakan pemerintah telah menerima banyak masukan