Masuk Daftar Indeks FTSE, Pertamina Geothermal Energy Optimistis Raih Target Jadi 1 GW Company

Wednesday 23 Aug 2023, 7 : 33 am
PLTP Area Kamojang

JAKARTA-PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) kembali mendapat pengakuan lembaga internasional.

Kali ini lembaga Financial Times Stock Exchange (FTSE) Russell memasukkan PGEO ke dalam portofolio sebagai emiten dengan fundamental bisnis yang kuat dalam kategori small cap.

Pjs Manager Investor Relation Pertamina Geothermal Energy Lufan Nassya Faswara, menyambut positif masuknya PGEO ke dalam daftar indeks FTSE ini.

“Masuknya PGEO ke dalam portofolio FTSE membuktikan bahwa Perseroan memiliki fundamental yang kuat serta likuiditas yang tinggi. Pengakuan ini tentunya menjadi bukti reputasi baik PGEO,” kata Lufan.

Pada Senin (21/8/2023) FTSE Global Equity Index Series melakukan rebalancing atau penyesuaian daftar penghuni dalam semi-annual review September 2023.

Dalam index ini terdapat beberapa emiten Indonesia yang masuk ke dalam portofolio FTSE, salah satunya PGEO.

FTSE Russell Group ini merupakan organisasi finansial asal Inggris yang memiliki spesialisasi menyediakan indeks untuk acuan pasar keuangan global atau benchmarking portfolio.

Pengakuan dari FTSE ini membuat Perseroan semakin termotivasi untuk meraih target menjadi 1 gigawatt (GW) company pada 2025.

Untuk mewujudkannya, Pertamina Geothermal Energy akan melakukan pengembangan dan optimalisasi pengerjaan di sejumlah wilayah kerja panas bumi (WKP) yang dimiliki Pertamina Geothermal Energy.

Saat ini sedang dilakukan pengembangan Proyek Lumut Balai Unit 2 (55 MW), Hululais Unit 1 dan 2 (110 MW), serta implementasi co-generation di beberapa area lainnya.

Untuk Lumut Balai Unit 2 dengan kapasitas 1×55 megawatt (MW), saat ini sedang dalam fase review engineering yang dilakukan secara intensif, persiapan konstruksi fasilitas produksi, aktivitas test piling, dan GPP Earthwork.

Sedangkan untuk Hululais Unit 1 dan 2 sedang dilakukan proses pembebasan lahan tambahan untuk fasilitas produksi.

Selain itu juga PGE sedang melakukan lokakarya dengan PLN untuk penyelarasan rencana commercial operation date (COD).

Setelah adanya pengakuan FTSE ini, Pertamina Geothermal Energy akan merealisasikan komitmennya untuk berusaha menjadi world class green energy company melalui ekspansi global.

Langkah awal untuk tahap awal ekspansi global itu sudah ditandai dengan adanya kontrak kerja sama strategis antara Pertamina Geothermal Energy dan Kenya.

Ke depan, Perseroan akan merambah ke beberapa negara yang berada di Afrika, Eropa, maupun Asia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Rekontemplasi Semesta Pembangunan Berbasis Dapil

Oleh: MH Said Abdullah Presiden Joko Widodo tidak bersetuju atas

Menemukan Kesejatian Pancasila

Oleh: Gabriel Mahal Kamis 1 Oktober 2015, kita peringati sebagai