Masyarakat Indonesia Habiskan Rp 678.726,56 di Platform Belanja Online

Monday 14 May 2018, 5 : 41 pm
by
Infografis

JAKARTA-Konsumsi belanja masyarakat Indonesia menjelang dan saat Ramadan memang selalu meningkat setiap tahunnya. Faktor tradisi dan kebiasaan di bulan Ramadan menjadi menjadi pemicu peningkatan konsumsi belanja ini. Berdasarkan data Shopback, traffic ke situs dan aplikasi Shopback mulai meningkat hingga 10% sebulan menjelang Ramadan.

Hal yang sama pun terjadi di platform e-commerce dan marketplace lainnya, seperti, Lazada, Tokopedia, Shopee, BukaLapak dan Blibli. Berdasarkan data dari SimilarWeb, traffic kelima platform e-commerce ini menunjukkan peningkatan 5-10% sebulan menjelang Ramadan dan cenderung stagnan selama bulan Ramadan.

Indra Yonathan, Co-Founder & Country Head of Shopback Indonesia mengatakan di Ramadan tahun ini, transaksi belanja online dipercaya akan meningkat hingga 2 kali lipat dibanding tahun sebelumnya. “Pergeseran pola perilaku belanja masyarakat ke digital merupakan salah satu faktor penyebab peningkatan transaksi belanja di platform e-commerce. Berdasarkan data terbaru dari Accenture, hampir setengah (43,7%) dari masyarakat Indonesia yang terkoneksi internet, merupakan digital buyers,” ujarnya

Baru-baru ini, Shopback pun melakukan studi terhadap pola perilaku belanja masyarakat di bulan Ramadan di Indonesia dan Malaysia. Studi ini berdasarkan historikal data yang dimiliki oleh Shopback sepanjang bulan Ramadan tahun lalu. Dari data tersebut, traffic kunjungan ke situs dan aplikasi

Shopback di dua negara (Indonesia dan Malaysia) meningkat hingga 104% (Malaysia) dan 102% (Indonesia) di minggu pertama Ramadan. Untuk Indonesia, angka traffic tersebut bahkan meningkat hingga 142% di minggu ketiga Ramadan dan kemudian menurun pada minggu keempat hingga 56%.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Resmikan Kantor TPD Jatim, Puan Minta Pendukung Terima Kenyataan Kawan Lama Jadi Lawan Baru

SURABAYA-Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Politik dan Keamanan sekaligus Ketua

Pefindo Sematkan Peringkat Single A Plus untuk Obligasi Barito Pacific

JAKARTA-PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) telah memberikan peringkat idA+ (Single