Melalui e-procurement, Negara Bisa Hemat Rp70 Trilyun

Friday 22 Nov 2013, 8 : 38 pm
by

JAKARTA-Penerapan sistem e-procurement, atau pengadaan barang/jasa pemerintah lewat sistem elektronik membukti komitmen pemerintah pusat dan daerah untuk bergerak maju. Wakil Presiden Boediono mengatakan, secara umum angka penghematan yang diperoleh dari pemberlakuan sistem elektronik ini sekitar 10-11%. Bila jumlah ini diaplikasikan kepada potensi pengadaan Rp700 Trilyun selama setahun dari seluruh instansi pusat, provinsi dan kabupaten/kota, maka penghematan yang bisa diperoleh mencapai Rp70 Trilyun. “Bayangkan Rp70 Trilyun, ini jumlah yang sangat besar bila digunakan untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, misalnya untuk program-program kesehatan atau infrastruktur tambahan,” kata Wapres saat membuka rapat kerja nasional pengadaan barang dan jasa pemerintah tahun 2013 di Jakarta, (20/11).

Baca juga :  Menteri Jonan: Jangan Persulit Birokrasi  

Boediono meminta komitmen pimpinan instansi pusat dan daerah agar jangan sampai kemajuan seperti ini disandera oleh kepentingan praktis.   Apalagi, e-procurement merupakan ujung tombak pelaksanaan reformasi birokrasi dimana dirinya menjadi koordinator pengarahnya. Selain melakukan penghematan besar, sistem ini juga menyebarkan nilai transparansi mulai dari pemerintahan pusat, provinsi hingga kabupaten/kota.  “E-procurement adalah salah satu best practices upaya transparansi secara sistematis yang wajib diterapkan,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Tiga Juta Dosis Vaksin Moderna Dukungan dari AS Tiba di Indonesia

Tiga Juta Dosis Vaksin Moderna Dukungan dari AS Tiba di Indonesia

JAKARTA-Pemerintah kembali mengamankan pasokan vaksin yang diperlukan untuk pelaksanaan vaksinasi

Tim Koordinator Relawan Pemenangan Ganjar Dibentuk, Basarah: Bukti PDIP Partai Terbuka dan Gotong Royong

JAKARTA-DPP PDI Perjuangan (PDIP) telah mengumumkan pembentukan tim Koordinator Relawan