Mendag Kecam Penebar Isu Sweeping Pedagang

Friday 30 Oct 2015, 4 : 38 pm
by

SAN FRANSISCO-Menteri Perdagangan (Mendag), Thomas Lembong mengecam pelaku yang menyebarkan rumor sweeping pedagang yang akan dilakukan oleh Kepolisian, Kementerian Perdagangan, Direktorat Jenderal Pajak, dan lembaga pemerintah lainnya ke sentra-sentra pedagang. “Kemendag tidak melakukan razia atau sweeping pedagang. Kesimpulan di sidang kabinet terbatas soal pemberantasan impor ilegal yang digelar oleh Presiden amat jelas, yaitu impor ilegal sebaiknya dicegat di pelabuhan. Sekali impor ilegal keluar dari pelabuhan, barang ilegal itu akan menyebar ke ribuan titik distribusi dan akan campur aduk dengan barang yang legal. Sulit untuk memberantas impor ilegal setelah keluar dari pelabuhan,” jelas Mendag saat ini melakukan kunjungan kerja di San Fransisco, Amerika Serikat, bersama Menteri Komunikasi dan Informatika terkait pengembangan digital ekonomi dalam keterangan tertulisnya,, Jumat (30/10).

Pengecer perlu waspada agar barang dagangan memenuhi syarat-syarat sesuai peraturan. Sementara, tanggung jawab utama untuk memastikan legalitas barang impor berada di importir dan distributor. “Pedagang tak perlu resah dan khawatir, selama barang-barang mereka telah memenuhi syarat,” ujarnya.

Pelaku yang menyebarkan rumor razia telah menyebabkan keresahan di kalangan pedagang dan mengakibatkan dampak negatif ke perekonomian yang cukup signifikan. Toko sempat tutup dan karyawan dirumahkan, sehingga lalu lintas perdagangan barang menjadi sangat terganggu. “Saya tidak menolerir ada yang memanfaatkan ajakan pemberantasan barang ilegal dengan razia yang tidak jelas,” ungkapnya.

Mendag mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik dari Bareskrim POLRI. Mendag juga mengapresiasi pernyataan Humas Polda Metro Jaya yang menegaskan rumor razia ini merupakan ‘hoax’. “Terima kasih kepada Bareskrim POLRI dan Humas Polda Metro Jaya atas berbagai klarifikasi yang telah diterbitkan,” katanya.

Mendag Tom mengimbau masyarakat yang mempunyai informasi mengenai sumber rumor razia dimohon untuk tidak segan-segan melaporkan dan mengirimkan foto kejadian razia jika melihat, mendengar, dan mengalami razia melalui SMS Pak Tom Lembong di 08111662778 atau melalui nomor WhatsApp Kepala Pusat Humas Kemendag Ani Mulyati di 087781916244 dan Direktur Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Ditjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kemendag Irpan Ganda Putra di 08179049576.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BSI Buka Program ODP dan Literasi Keuangan Syariah

JAKARTA-PT Bank Syariah Indonesia Tbk sebagai bank syariah terbesar di
IPO

Dunia Virtual Online Resmi Melantai di BEI, Oversubscribed 17,5 Kali

JAKARTA – PT Dunia Virtual Online Tbk (AREA), merupakan perusahaan