Menkeu: Defisit Turun Konsisten di 3 Tahun Terakhir

Saturday 19 May 2018, 3 : 11 am
by
Menteri Keuangan (Menteri Keuangan) Sri Mulyani Indrawati memberikan penjelasan dalam acara Konferensi Pers APBN KiTa (Kinerja dan Fakta) edisi Mei di Aula Djuanda Kementerian Keuangan (17/05)

JAKARTA-Defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) per akhir April 2018 menunjukkan penurunan yang konsisten dibanding periode yang sama pada dua tahun sebelumnya.

Hal itu disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pada konferensi pers di Aula Djuanda Gedung Djuanda I Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (17/05)

Menteri Keuangan menyebutkan bahwa realisasi defisit APBN per 30 April 2018 mencapai 55,1 triliun, lebih kecil dari periode yang sama pada tahun 2017 sebesar 72,2 triliun dan 2016 yang mencapai 158,2 triliun.

Secara presentase terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB), defisit periode ini sebesar 0,37 persen, sedangkan tahun lalu dengan periode yang sama sebesar 0,55 persen.

Menkeu menambahkan, dengan defisit yang lebih kecil dan dengan kinerja pendapatan dan belanja yang lebih baik, keseimbangan primer mencapai surplus 24,2 triliun yang juga meningkat lebih baik dibanding tahun lalu yang mencapai 3,7 triliun.

Menurut Menkeu, capaian ini menunjukkan konsistensi Pemerintah dalam menjaga keuangan negara.

“Kalau dilihat dari chart ini terlihat APBN kita realisasi defisit mengalami perbaikan yang konsisten. Ini menunjukan konsistensi untuk menjaga APBN secara sangat hati-hati tapi efektif mendukung perekonomian,” ujar Menkeu.

Kinerja perbaikan defisit ini juga didukung oleh realisasi pembiayaan yang semakin baik dibanding tahun sebelumnya. Realisasi pembiayaan utang sampai dengan 30 April 2018 sebesar 188,7 triliun lebih rendah dibanding periode yang sama tahun 2017 sebesar 195,4 triliun atau tumbuh negative sebesar -3,3 persen.

“Kami yakin defisit kita tetap bisa terjaga di kisaran 2 persen, 2,19 persen sebagaimana di UU APBN 2018, bahkan kita harapkan lebih rendah,” pungkas Menkeu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

OTT Hakim Medan, Mengubah Tantangan Jadi Tentengan

*) Azmi Syahputra Tertangkapnya sejumlah Hakim Pengadilan Negeri Medan dengan

Investasi di Reksa Dana Pendapatan Tetap Masih Menarik

JAKARTA-PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (“MAMI”) menyampaikan reksa dana pendapatan