Menteri Erick Dorong Fordigi Susun Peta Jalan Transformasi Digital BUMN

Sunday 17 Apr 2022, 9 : 15 am
by
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir

JAKARTA-Forum Digital Indonesia (Fordigi) diminta menyusun peta jalan atau roadmap transformasi digital di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Menteri BUMN Erick Thohir Erick Thohir mengatakan, roadmap tersebut akan berguna untuk mendorong talenta digital (digital telent) dan konsolidasi perangkat lunat (software) rencana-rencana konkretnya untuk diimplementasikan dalam waktu dekat.

“Jadi (penyusunan roadmap) tidak sendiri-sendiri. Saya juga mendorong Kementerian BUMN menjadi kementerian pertama yang menerapkan e-government. Hal ini tentu memerlukan peran Fordigi sebagai tulang punggung yang sangat penting,” ujar Menteri BUMN dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/4/2022).

Menurut Menteri Erick, salah satu inisiatif yang akan segera dijalankan oleh Fordigi bersama dengan Kementerian BUMN dan Indonesia Telecommunication & Digital Research Institute (ITDRI), yakni program Talenta Digital BUMN.

Program ini bertujuan membangun kompetensi pola pikir dan keterampilan digital, yang jumlahnya masih sangat sedikit, di perusahaan BUMN.

“Dari data awal, kita baru punya satu persen digital talent. Padahal minimal kita harus punya 20 persen. Karena itu, tugas Fordigi sangat berat. Tapi, saya akan pastikan bahwa transformasi digital ini berjalan,” imbuhnya.

Untuk itu, Menteri Erick telah menunjuk Direktur Digital Business PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Fajrin Rasyid sebagai Ketua Fordigi, forum yang beranggotakan para pemimpin dan penggerak transformasi digital di perusahaan-perusahaan BUMN.

Sebelumnya, Fordigi  dikenal dengan nama Forti BUMN (Forum Teknologi Informasi BUMN), yang dibentuk pada 2011 lalu, sebagai mitra Kementerian BUMN dalam mengembangkan ekosistem dan talenta digital berstandar global di perusahaan BUMN.

Selain itu, Menteri BUMN juga menekankan pentingnya memperkuat sinergi dan mengakselerasi transformasi digital di BUMN, untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

“Ini semua adalah hal-hal yang fundamental. Kita harus benar-benar mengubah pola pikir kita, dan bagaimana (menguatkan) kapabilitas kita, terutama di (bidang) digital,” katanya.

Deputi SDM dan Teknologi Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata menambahkan, peran teknologi informasi (TI) dalam mentransformasi proses bisnis BUMN sangat krusial, khususnya di tengah derasnya arus disrupsi teknologi beberapa tahun terakhir.

Oleh karenanya, Fordigi diharapkan dapat membantu Kementerian BUMN dan seluruh BUMN dalam mengakselerasi proses transformasi.

“Dalam program Digital Talent BUMN. Karyawan BUMN akan mengikuti program pelatihan, pembelajaran digital behavior and mindset, intrapreneur fundamental, serta growth mindset in digital era,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

DPR Semakin Lemah Dalam Hal Pengawasan

JAKARTA-Wacana DPR menggunakan hak pengawasannya terhadap pemerintah agar berjalan sebagaimana

Semester I-2023, Danamon Bukukan Laba Bersih Rp 1,5 Triliun

JAKARTA-Kinerja keuangan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon” atau “Bank”)