Menteri Marwan: Potensi Ekonomi Daerah Perbatasan Sangat Tinggi

Tuesday 26 Jan 2016, 1 : 44 pm
by
Menteri Desa, PDTT, Marwan Jafar ramah tamah dengan aparatur pemerintah dan masyarakat Desa Sumber Alaska, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas/doc kemendesa

JAKARTA-Potensi ekonomi di berbagai kawasan tertinggal, termasuk daerah perbatasan sangat tinggi. Hal tersebut dapat dikembangkan, selama program transmigrasi dapat berjalan dengan baik. “Ada banyak potensi ekonomi yang ditemukan di daerah-daerah tertinggal. Baik potensi di bidang perkebunan atau bidang pertanian, sangat disayangkan kalau potensi ini dibiarkan begitu saja,” ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Marwan Jafar di Jakarta, (26/1).

Menteri Marwan mengaku telah membuat indeks promosi transmigrasi untuk daerah perbatasan. Hal tersebut dilakukan, untuk mengeluarkan daerah tersebut dari kata tertinggal dan menjadi kawasan yang bernilai ekonomi tinggi. “Terdapat 41 Kabupaten yang berada di daerah perbatasan. Untuk itu, kita telah melakukan promosi agar masyarakat bertransmigrasi ke daerah-daerah tersebut, agar keluar dari ketertinggalan,” ungkapnya.

Selain dapat mengembangkan potensi sumberdaya alam di daerah perbatasan, Menteri Marwan mengatakan, transmigran juga dapat memberikan peluang kerja bagi masyarakat lainnya. Jika daerah perbatasan sudah berkembang, hal ini dapat menarik perhatian masyarakat Indonesia yang bekerja di luar negeri untuk kembali ke Indonesia. “Dengan adanya kawasan transmigrasi di perbatasan, peluang untuk meningkatkan ekonomi perbatasan semakin tinggi, peluang kerja masyarakat juga akan meningkat. Tentunya ini akan menarik perhatian masyarakat kita yang bekerja di luar negeri untuk kembali ke Negara kita,” ujarnya.

Semangat Menteri Marwan untuk mengembangkan daerah perbatasan melalui program transmigrasi tidak pernah surut. Meski anggaran transmigrasi tergolong minim, Kementeriannya tetap berkomitmen untuk memperjuangkan program tersebut. “Dalam 15 tahun terakhir, anggaran untuk transmigrasi ini tidak pernah naik bahkan turun. Tapi saya akan tetap berkomitmen untuk program ini. Dalam waktu dekat kita akan melakukan hearing untuk membicarakan lagi tentang program-program yang bersentuhan dengan transmigrasi. Capaian transmigrasi harus lebih tinggi,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Qodari : Hinca Bisa Dongkrak Partai Demokrat

JAKARTA-Keputusan Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Jonny Plate Masuk 10 Wakil Rakyat Terbaik 2017

JAKARTA-Anggota DPR RI periode 2014-2019 dari Fraksi Partai Nasdem Johnny