MIND ID Segera Eksekusi Penerbitan Saham Baru INCO

Friday 15 Mar 2024, 12 : 17 am
by
PT Vale Indonesia Tbk

JAKARTA-PT Vale Indonesia Tbk (INCO) berencana melakukan Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PM-HMETD) alias rights issue dengan menerbitkan maksimal 603.445.814 saham baru.

Berdasarkan keterbukaan informasi INCO yang dikutip Kamis (14/3), pelaksanaan rights issue tersebut merupakan bagian dari pemenuhan kewajiban divestasi saham perseroan kepada pemerintah Indonesia berdasarkan perundang-undangan yang berlaku di bidang pertambangan.

Saat ini pemerintah telah menyatakan minatnya untuk membeli saham divestasi INCO dan pemerintah sudah menunjuk PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID untuk mengambil alih saham INCO.

Keterangan Vale Canada Limited (VCL) sebagai pemegang saham utama INCO menyampaikan, MIND ID akan membeli dan menerima pengalihan dari VCL, Sumitomo Metal Mining Co Ltd (SMM) dan Vale Japan Limited (VJL) atas seluruh HMETD yang akan menjadi porsi mereka di dalam rencana PM-HMETD. MIND ID juga akan melaksanakan seluruh HMETD yang menjadi porsi MIND ID di dalam rencana PM-HMETD.

Bersamaan dengan transaksi tersebut, MIND ID akan membeli dan menerima pengalihan sebagian saham milik VCL, SMM dan VJL di INCO terkait pelaksanaan pemenuhan kewajiban divestasi saham untuk mewakili pemerintah.

Setelah penyelesaian transaksi-transaksi itu, maka MIND ID akan memperoleh saham tambahan sebesar 14 persen. Selanjutnya, MIND ID menjadi pemegang saham tunggal terbesar di INCO dengan kepemilikan sedikitnya mencapai 34 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ketua DPD PAN Mabar Terpilih Jadi Ketua ILUNI Universitas Widya Mandala Surabaya

SURABAYA-Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kabupaten

Divestasi Freeport Harus Dibarengi Peningkatan SDM

JAKARTA-Langkah divestasi saham Freeport melalui Inalum harus dibarengi dengan kemampuan