MPR : Kekuatan Ekonomi Melayu Bisa Tandingi UE dan AS

Wednesday 28 Oct 2015, 11 : 02 am
fajarmediacenter.com/idris prasetiawan

JAKARTA-Ketua MPR Zulkfili Hasan meminta persatuan melayu makin ditingkatkan, terutama antara Malaysia dan Indonesia. Apalagi kekuatan ekonomi Melayu ini diprediksi mampu menjadi pendorong ekonomi dunia. “Kekuatan ekonomi Melayu ini bisa menjadi kekuatan ketiga setelah Uni Eropa dan Amerika. Hal ini bisa diwujudkan melalui Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” katanya semalam saat membukan Konfensyen Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) di Hotel Borobudur, Selasa (27/10/2015).

Oleh karena itu, Ketua umum PAN ini meminta agar politik di Malaysia stabil dan begitu juga dengan Indonesia. “Kita harap Malaysia tidak gaduh, sehingga bisa terbangun kerukunan umat Islam di Asean,” tambahnya.

Namun Zulkifli prihatin dengan konflik Timur Tengah yang masih terus bergejolak.Padahal kekayaan sumber daya alam (SDA) khususnya minyak bumi di sana tak perlu diragukan. Karena di tempat tersebut masih tersimpan jutaan barel minyak bumi.

Hanya saja, lanjut Zulkifli, kekayaan itu SDA tidak menjamin kehidupan masyarakat di sana menjadi tenang. Setiap hari muncul konflik dan pertikaian, sekalipun alasan yang menimbulkan terjadinya konflik perbedaan pendapat, dan keberagaman budaya.

Kondisi yang ada di Timur Tengah, ini berbeda dengan masyarakat. Meski jumlah umat Islam Indonesia adalah mayoritas, namun mereka sangat menghargai keberagaman. Baik perbedaan agama, suku bangsa, budaya hingga ras. “Umat Islam Indonesia bahkan bisa hidup di alam demokrasi secara damai. Tidak ada ribut-ribut dan semua berjalan harmonis,” jelasnya.

Perdamaian yang dimiliki umat Islam Indonesia, kata Zulkifli harus ditiru oleh semua negara anggota DMDI. Karena tanpa persatuan dan perdamaian, mustahil umat Islam bisa mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain.

Dunia Melayu Dunia Islam, merupakan organisasi yang berusaha menghimpun kembali kelompok-kelompok Melayu yang bertebaran di berbagai belahan dunia. Organisasi ini berdiri sejak tahun 2000, dengan tujuan mengembalikan kejayaan dunia Islam pada umumya dan masyarakat melayu pada khususnya. DMDI beranggotakan keturunan melayu yang beragama Islam. Saat ini DMDI memiliki anggota di 18 negara di dunia. *aec

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Klaim Capres Prabowo Sebagai Inisiator UU Desa Adalah Pembohongan Publik

YOGYAKARTA-Sejumlah pemangku desa, pegiat desa dan penyayang desa dari akademisi,

Djarot Hadiri Ngaji Kebangsaan SantriNU Jakarta

JAKARTA-Wakil Gubernur DKI Jakarta non aktif Djarot Saiful Hidayat mengajak