Neraca Perdagangan Indonesia Surplus USD 1,01 Miliar

Monday 16 Nov 2015, 9 : 36 pm
by

JAKARTA-Neraca perdagangan Indonesia pada Oktober 2015 kembali mengalami surplus ditopang oleh neraca perdagangan nonmigas yang tetap surplus dan neraca perdagangan migas yang terus membaik. Surplus Neraca Perdagangan Indonesia tercatat sebesar 1,01 miliar dolar AS. “Angka ini hampir sama dengan surplus pada September 2015 sebesar 1,03 miliar dolar AS,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Tirta Segara dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (16/11).

Neraca perdagangan nonmigas Oktober 2015 tetap mencatat surplus, meskipun menurun akibat koreksi ekspor yang lebih dalam dibandingkan dengan koreksi impornya. Surplus tercatat sebesar 1,39 miliar dolar AS atau turun 6,08% (mtm). Ekspor nonmigas di bulan Oktober 2015 tercatat sebesar 10,71 miliar dolar AS, turun 3,86% (mtm). Penurunan tersebut diakibatkan oleh turunnya ekspor bijih, kerak dan abu logam, benda-benda dari besi dan baja, perhiasan/permata, kopi, teh, rempah-rempah, serta kendaraan dan bagiannya. “Di sisi lain, ekspor lemak dan minyak hewan/nabati masih mencatatkan pertumbuhan positif. Impor nonmigas pada Oktober 2015 tercatat sebesar 9,31 miliar dolar AS atau turun 3,50% (mtm),” imbuhnya.

Penurunan tersebut utamanya disebabkan oleh turunnya impor kapal terbang dan bagiannya, pupuk, serelia, kendaraan bemotor dan bagiannya, serta mesin dan peralatan mekanik.

Di sisi lain, neraca perdagangan migas mengalami perbaikan didukung oleh koreksi impor yang lebih dalam dari ekspor. Defisit neraca perdagangan migas menurun dari 0,45 miliar dolar AS menjadi 0,38 miliar dolar AS. Impor migas turun 8,12% (mtm), sedangkan ekspor migas turun 5,09% (mtm). “BI memandang bahwa surplus neraca perdagangan yang terjadi di Oktober 2015 akan semakin mendukung terjaganya keseimbangan eksternal Indonesia,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Trend Surplus Perdagangan Indonesia Diyakini Berlanjut

JAKARTA-Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman mengatakan, surplus perdagangan masih akan

Barata Indonesia Ekspor Komponen Pembangkit Listrik

JAKARTA-PT Barata Indonesia (Persero) mengawali tahun baru 2019 melakukan ekspor