OJK: Hanya 11,8% Masyarakat Yang Punya Asuransi

President Director Commonwealth Life, Simon Bennet memberikan tanda mata khas Australia (boomerang) kepada anggota Dewan OJK, Kusumaningtuti S. Soetiono

JAKARTA-Tingkat penetrasi asuransi di Indonesia masih sangat kecil. Kondisi ini disebabkan oleh rendahnya tingkat pemahaman masyarakat tentang pentingnya merencanakan keuangan dan berasuransi.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di tahun 2013, hanya 18 persen dari populasi penduduk yang memiliki pemahaman yang cukup tentang asuransi. “Dan hanya 11,8 persen yang memiliki asuransi,” ujar Anggota Dewan Komisioner OJK Kusumaningtuti S. Soetiono pada peluncuran The New Financial Calculator dari Commonwealth Life di Jakarta, Kamis (26/11).

Sebagai respon dari temuan ini, OJK berinisiatif meluncurkan Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) di Januari 2014. Dalam strategi ini, OJK mengajak semua pihak, termasuk penyedia layanan dan jasa keuangan untuk turut terlibat dalam meningkatkan kesadaran publik dan berpartisipasi untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat. “Kami percaya bahwa kita dapat memperbaiki angka dan tingkat penetrasi layanan keuangan dengan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya bagi mereka untuk melakukan perencanaan keuangan agar dapat mewujudkan target atau tujuan finansialnya,” tambahnya.

Dia mengapresiasi aplikasi selular kalkulator finansial dari Commonwealth Life ini. Kalkulator finansial ini merupakan sebuah inisiatif yang sangat bermanfaat untuk mengedukasi dan membantu masyarakat dalam melakukan perencanaan keuangannya. “Karena pada umumnya, orang awam tidak paham bagaimana harus memulai atau mengkalkulasi anggaran, kalkulator finansial ini akan sangat membantu mereka dalam memulai perencanaan keuangannya,” terangnya.

Baca :  Commonwealth Life Resmikan Kantor Pemasaran Baru di Medan

Sementara itu, President Director Commonwealth Life Simon Bennett mengatakan Commonwealth Life telah menjalankan beberapa program untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perencanaan keuangan. Seperti program Born-To-Dominate, sebuah program literasi keuangan yang diperuntukkan bagi mahasiswa.

Selain itu jelasnya, Commonwealth Life telah menjalin kemitraan dengan beberapa universitas terkemuka di Jakarta. “Melalui kalkulator finansial ini kami berharap untuk turut berkontribusi dalam program literasi keuangan OJK yakni dalam mengedukasi dan membantu masyarakat Indonesia dalam mempersiapkan perencanaan keuangan dan melindungi kesejahteraan jangka panjangnya,” pungkasnya.