OJK, Perbankan dan IKNB Perluas Program Jaring

Friday 13 Nov 2015, 8 : 57 pm
by

MALANG-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Industri Perbankan serta Industri Keuangan Non Bank (IKNB) terus memperluas program Jaring (Jangkau, Sinergi, dan Guideline) untuk semakin meningkatkan pembiayaan ke sektor kelautan dan perikanan dengan menggelar acara kelanjutan program Jaring di Pantai Sendang Biru, Kabupaten Malang Jawa Timur.

Program Jaring sebelumnya diresmikan Wapres Jusuf Kalla pada 11 Mei 2015 di Pantai Bodia Takalar Sulawesi Selatan yang bertujuan mendukung Program Nawacita dengan target utama meningkatkan kredit dan pembiayaan di sektor kelautan dan perikanan serta mendorong perluasan akses masyarakat di sektor kelautan dan perikanan ke layanan jasa keuangan.

Acara kegiatan Program Jaring dengan tema “Akselerasi Pembiayaan ke Sektor Kelautan dan Perikanan Melalui Perluasan Akses ke Lembaga Jasa Keuangan” ini dihadiri Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, para Direksi Bank Partner Program Jaring, Direksi Perum Jamkrindo dan Direksi PT Jamkrida Jawa Timur, serta pejabat PLN.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan perkembangan Program Jaring berjalan sesuai yang direncanakan dengan berhasil mendorong pemahaman pelaku jasa keuangan terhadap bisnis di sektor kelautan dan perikanan sehingga kredit perbankan dan pembiayaan ke sektor ini terus meningkat. “Jumlah bank yang mengikuti Program Jaring sejak diluncurkan Mei lalu telah bertambah lima menjadi 13 bank. Ini pertanda positif terhadap berjalannya Program Jaring ke depan sesuai dengan cita-cita Pemerintah,” katanya.

Pada tahap awal terdapat 8 (delapan) bank partner Program Jaring yaitu PT Bank  Negara Indonesia (Persero), Tbk  (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk  (BRI),  PT Bank Mandiri (Persero), Tbk, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk (BTPN), PT Bank Danamon Indonesia, Tbk, PT Bank Permata, Tbk, PT Bank Bukopin, Tbk dan PT BPD Sulselbar.

Sedangkan 5 (lima) bank yang menyusul menjadi bank partner Jaring adalah PT Bank Central Asia (BCA), Tbk, PT Bank Maybank Indonesia, Tbk, PT Bank CIMB Niaga, PT Bank Sinarmas, Tbk dan PT BPD Jawa Timur, Tbk.

Selain dari perbankan, partner Program Jaring adalah industri keuangan non bank (IKNB) melalui Konsorsium Perusahaan Pembiayaan, Asuransi Jiwa, Asuransi Umum dan Penjaminan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pengguna e-Money Pada Tol Capai 88%

JAKARTA-Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengungkapkan penggunaan uang elektronik (e-money)
Blok Corridor

Konsumsi BBM Pertaseries dan Dexseries Meningkat Selama Nataru

JAKARTA-Masa tugas Satuan Tugas Natal 2019 dan Tahun Baru 2020