OJK Terima Banyak Keluhan Soal Aturan Baru BEI

Senin 3 Feb 2014, 5 : 34 pm
by

JAKARTA-Bursa Efek Indonesia (BEI) telah menerbitkan Surat Keputusan Direksi PT BEI Nomor KEP-00001/BEI/01-2-14 tahun 2014 tentang Perubahan Peraturan Nomor I-A tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas selain Saham yang Diterbitkan oleh Perusahaan Tercatat. Namun sudah banyak yang mengeluhkan aturan BEI  tersebut, khususnya terkait dengan aturan komisaris dan direksi independen. Bahkan keluhan tersebut sampai ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Saya melihat banyak masukan dari industri kepada OJK agar aturan yang dikeluarkan bursa itu ditinjau kembali,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad di Jakarta, Senin (3/2).

Sebagaimana diketahui, BEI sebelumnya mengeluarkan aturan mengenai masa jabatan direktur dan komisaris independen perusahaan publik maksimal dua periode berturut-turut. Aturan yang terbit pada 20 Januari 2014 itu mulai berlaku pada tanggal 30 Januari 2014.

Dalam aturan tersebut, emiten wajib memenuhinya dalam jangka waktu paling lambat enam bulan sejak diberlakukannya aturan. Dalam aturan tersebut, posisi direktur independen tak boleh dirangkap menjadi direktur di perusahaan lain. Direktur independen tersebut tak boleh memiliki hubungan afiliasi dengan pengendali perusahaan atau komisaris atau direksi lainnya di perusahaan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Diduga Salahkan Izin, DPR Desak Polri Periksa Perusahaan Tambang BPS

JAKARTA-Kalangan DPR mendesak aparat kepolisian memeriksa dugaan penyalahgunaan izin dan

Wall Street  Seharusnya Berupaya Beradaptasi Dengan Kripto, Bukan Sebaliknya

VICTORIA-Rekan pendiri dan CEO Bybit, atau yang dikenal sebagai bursa