PAN Siapkan Solusi Atasi Kemacetan Jakarta

Thursday 3 Apr 2014, 5 : 55 pm
by

JAKARTA-Partai Amanat Nasional (PAN) siap memberi solusi dengan merancang model transportasi masal untuk mengurai kemacetan di DKI Jakarta.  Salah satu langkah yang ditempuh adalah  memperluas cakupan Mass Rapid Transit (MRT)  di Jakarta yang menghubungkan wilayah Timur-Barat dan Utara-Selatan. “Sekarang, kita tengah  mendesain untuk melanjutkan program MRT, tidak hanya Lebak Bulus dan Bundaran Hotel Indonesia (HI). Tetapi HI sampai ke kota. Tetapi tidak hanya HI ke Kota, namun dari Kalideres sampai ke Manggarai. Sehingga Utara- Selatan dan Timur -Barat terhubung dengan MRT. Intinya, kita menyiapkan transportasi masal yang terjangkau oleh seluruh masyarakatm” ujar Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa saat menyampaikan orasi politiknya disela-sela kampanye akbar PAN di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (3/4).

Hatta mengaku, konsep MRT ini digagasnya sejak menjabat Mentri Perhubungan. MRT ini salah satu  jalan keluar untuk mengatasi persoalan kemacetan yang melanda ibukota negara saat ini. 

Kemacetan Jakarta hanya bisa diatasi dengan moda transportasi yang terintegrasi sehingga memudahkan masyarakat. “Sejak 3 bulan lalu, saya menandatangani kesepatan bersama dengan Gubernur DKI guna memecahkan persoalan kemacetan ekonomi. Konsep MRT ini dengan komposisi pusat 51% dan DKI Jakarta 41%.  Maka, berjalanlah program itu. Dan saat ini, program MRT tengah dijalankan oleh DKI Jakarta. Insya Allah, 2017, kita sudah memiliki MRT,” jelasnya.

Menurut Hatta, upaya mengatasi kemacetan Jakarta bukan sekedar janji kosong. Pasalnya, konsep ini dimasukan dalam dokumen resmi negara yaitu dokumen Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). “Ini penting agar kita lebih bermartabat sebagai warga bangsa,” tegas Menko Perekonomian ini.

Selain itu, MRT katanya, Kemenko Perekonomian juga mendesaian kereta rel listrik (KRL). “Insya Allah, 2-3 tahun kedepan, angkutan KRL Jabodetabek bisa mengangkut penumpang 2-3 juta per hari,” tuturnya.

Sehingga masyarakat bisa menggunakan angkutan masal yang murah dengan disubsidi oleh negara. “Ini bukan sebuah janji. Tetapi sesuatau yang dikerjakan. Kalau PAN menang di DKI Jakarta, kita akan kawal sampai tuntas. Jangan sampai mangkrat ditengah jalan,” ujarnya.

Hatta mengaku, upaya mengatasi kemacetan Jakarta tidak semudah membalikan telapak tangan.  Karena itu, PAN sudah memikili konsep dan siap membantu Gubernur DKI Jakarta siapapun gubernurnya. “ Soal kemacetan ini, jangan saling menyalahkan. Persoalan Jakarta, persoalan kita semua. Yang penting, siapa yang punya konsep kerja nyata seperti PAN. Mari kita pecahkan persoalan kemacetan Jakarta,” tuturnya.

Selain mengatasasi kemacetan, PAN juga tengah menyiapkan persoalan banjir di Jakarta tidak selesai dengan berdebat saling menyalahkan. Tetapi dengan konsep dan kerja nyata.   “Persoalan banjir tidak bisa diselesaikan oleh Jakarta, tetapi harus melihatkan Jabodetabek,” ujarnya.

PAN katanya menggagas pembangunan dam raksasa untuk menampung agar Jakarta terbebas dari banjir. “Sekarang, konsep ini tengah dibahas di kantor Kemenko Perekonomian,” katanya.

Yang paling penting lanjutnya,  pembangunan infrastruktur. Suplay Jakarta sangat berkurang. Dalam master plan, kita sudah memasukan itu sebagai program prioritas. Juga pengendalian limbah dan sampah masuk semua dalam program. Program yang disebut metropolitan priority area atau greater Jakarta yang memadukan Jakarta dengan Jabodetabek. “Tidak bisa Jakarta diselesaikan oleh Pemda DKI, tetapi harus terintegrasi dengan pemerintah pusat,” jelasnya.

Karena itu, untuk mengawal program tersebut maka kader PAN harus merebut kemenangan di pileg nanti. PAN jelasnya siap bekerja sama dengan siapapun untuk kemajuan bangsa.  “Insya Allah dengan program nyata dan terencana, kita bisa mengatasi semua persoalan itu,”  pungkasnya.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

AJI Jakarta Imbau Jangan Beri Privilese Wartawan Tes Cepat Covid-19

JAKARTA-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama pihak swasta menggelar rapid
pada paruh pertama 2021 jumlah penjualan ANTA tercatat sebesar Rp17,28 triliun atau jauh lebih tinggi ketimbang penjualan di Semester I-2020 yang hanya senilai Rp9,24 triliun.

Bukukan Nilai Penjualan Rp18,77 Triliun, Laba Bersih ANTM di Semester I Naik 31,9%

JAKARTA-PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM) pada Semester I-2022,  mampu