Pansel Caleg DPD Rawan Transaksional?

Wednesday 10 May 2017, 9 : 04 pm

JAKARTA–Ketua Panitia Khusus (Pansus) RUU Pemilu DPR Muhammad Lukman Edy menegaskan seleksi calon anggota DPD RI melalui Panitia Seleksi (Pansel) tidak akan menimbulkan transaksional politik.

Alasannya secara matematis para calon hanya punya peluang 5/20, artinya hanya seperempat saja.

“Jadi peluangnya kecil untuk transaksional. Tidak usah mencurigai, apa mau mereka mengeluarkan sebesar itu,” katanya dalam dialog kenegaraan soal ‘Anggota DPD RI Dipilih Pansel Bukan Solusi’ di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (10/5/2017).

Mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) menambahkan revisi UU pemilu terutama soal panitia seleksi untuk calon anggota DPD RI sangat diperlukan dalam rangka mencegah terjadinya pemilihan anggota yang tidak sehat.

Baca juga :  FKB Dukung Tito Karnavian Jabat Kapolri

“Dalam pengalaman di lapangan untuk pencalonan anggota DPD ini banyak permainan yang kurang sehat. Sehat seperti terjadi pembelian KTP untuk bisa memenuhi syarat agar mencapai jumlah 50 ribu lembar KTP. Ini kenyataan di lapangan satu KTP dihargai seratus ribu rupiah,” tegasnya

Menurut Lukman, ketika mencegah upaya pembelian KTP sebagai tanda pendukung calon anggota DPD RI, maka menggunakan syarat verifikasi faktual. Yaitu setiap orang yang mendukung dengan KTP harus terlihat ada orangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Mendag: Ekonomi Indonesia Maju Karena UKM Kuat

JAKARTA-Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengungkapkan, Indonesia berpeluang menjadi negara

Selesaikan Masalah Minyak Goreng Tanpa Menimbulkan Polemik Baru

Oleh: Emrus Sihombing Baru-baru ini, sebagai contoh, kebijakan minyak sawit