PDI Perjuangan Diprediksi Menang Pemilu

Thursday 12 Sep 2013, 8 : 53 pm
by

JAKARTA-PDI Perjuangan kembali dinobatkan sebagai partai politik yang memiliki elektabilitas tinggi di antara semua parpol peserta Pemilihan Umum 2014. Hasil survey Soegeng Sarjadi School of Goverment (SSSG) menempatkan  partai moncong putih  ini diposisi puncak dengan perolehan 13,6%.

Di posisi berikutnya ada Partai Demokrat dengan 10,3%, Partai Gerindra 5,6%, Partai Golkar 5%, PKS 2,9%, PAN 2,7%, Partai Hanura 2,2%, Partai Nasdem 1,9%, PPP dan PBB 0,9%, PKB 0,6%, dan PKPI 0,1%. “Bila Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dilaksanakan hari ini maka PDI Perjuangan pemenangnya,”  ujar Peneliti SSSG, Ilman Nafian di Jakarta, Kamis (12/9).

Sebelumnya, tingkat elektabilitas parpol berdasarkan survey Alvara adalah, PDI Perjuangan 14,8%, Gerindra 12,5%, Golkar 8,4%, Partai Demokrat 7,4%, NasDem 4,6%, Hanura 3,8%, PKS 3,4%, PPP 2,2%, PAN 2,1%, PKB 1,7%, PBB 0,1%, PKPI 0,1% dan belum memutuskan 39,0%.

Sementara itu untuk survey yang dilakukan terhadap calon presiden, elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) masih berada diurutan puncak dengan elektabilitas paling tinggi (22,1%).

Ilman mengatakan, tingginya perolehan responden PDI Perjuangan tidak terlepas dari sosok Joko Widodo. Sebab, secara individu, Gubernur DKI Jakarta yang karib dipanggil Jokowi itu memang tinggi, baik dari segi popularitas maupun elektabilitasnya.

Bahkan, Jokowi dalam survei ini juga menjadi tokoh yang paling banyak dipilih responden seandainya Pemilu Presiden (Pilpres) dilaksanakan hari ini.  Survei SSSG, sebanyak 45,8% responden akan memilih Jokowi sebagai presiden jika Pilpres.

Sementara diposisi berikutnya ditempati Jusuf Kalla (9%), Dahlan Iskan (7,5%), Prabowo Subianto (6,8%), Mahfud MD (5,8%), Wiranto (3,6%), Aburizal Bakrie (2,4%), Megawati Soekarnoputri (1,8%), Chairul Tanjung (1,6%), Hatta Rajasa (1%), Hidayat Nur Wahid (0,7%), Sri Sultan Hamengku Buwono X (0,5%), Surya Paloh (0,5%), Ani Yudhoyono (0,4%), Pramono Edhie (0,4%) dan Sri Mulyani (0,4%).

Hasil survei yang menarik lainnya, kata Ilman, ada pada Partai Gerindra yang berada di posisi ketiga. Artinya, jelas dia, partai ini mampu menggeser Partai Golkar yang hanya meraih 5 persen.

Ilman menjelaskan, teknik pengumpulan data pada survei yang dilakukan SSSG kali ini dengan melakukan wawancara telepon atau yang dikenal pula dengan telesurvei. Responden yang dipilih, menurut dia, adalah warga yang bermukim di sepuluh kota besar yang memiliki sambungan telepon rumah.

Survei ini sendiri, lanjut dia, dilakukan sepanjang 25 Agustus-9 September 2013. “Dalam survei ini, sampel diambil secara acak yang nomor teleponnya terdapat di dalam buku Telkom. Jumlah sampel sebanyak 1.250 responden. Responden belum yang punya pilihan, yakni 43,4 persen. Sedangkan 9,8 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak menjawab,” terang Ilman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BI Buka Kantor Perwakilan di Manokwari

PAPUA – Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus D.W. Martowardojo meresmikan pembukaan

HPE Pertambangan Alami Kenaikan

JAKARTA-Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Partogi Pangaribuan, menyampaikan Penetapan Harga