Pefindo Naikkan Rating JSMR ke Level Double A dengan Outlook Stabil

Sunday 4 Dec 2022, 4 : 35 pm
by
ILustrasi

JAKARTA-PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memutuskan untuk menaikkan peringkat PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) ke level idAA (Double A), dengan prospek peringkat yang juga dinaikkan menjadi ‘Stabil’.

Berdasarkan laporan Pefindo yang dikirim melalui surat elektronik, Jumat (2/12), kenaikan peringkat tersebut mencerminkan perbaikan profil keuangan JSMR, sebagai hasil dari rencana untuk menurunkan utang melalui aksi korporasi yang akan direalisasikan dalam waktu dekat.

“Seiring dengan kenaikan peringkat itu, kami juga merevisi prospek peringkat JSMR menjadi ‘Stabil’ dari sebelumnya ‘Positif’. Peringkat idAA juga disematkan untuk Obligasi Berkelanjutan II yang diterbitkan JSMR, dari sebelumnya idAA-“.

Dalam ikhtisar pemeringkatan Pefindo, kenaikan peringkat JSMR juga dipengaruhi oleh peningkatan pendapatan yang berasal dari kenaikan volume lalu lintas dan tarif jalan tol.

Selain itu, peringkat idAA mencerminkan adanya dukungan kuat dari pemerintah untuk menyelesaikan proyek jalan tol, posisi dominan JSMR pada sektor jalan tol, portofolio jalan tol yang terdiversifikasi dengan periode konsesi yang panjang, serta fleksibilitas keuangan yang sangat kuat.

Namun demikian, Pefindo menilai bahwa peringkat JSMR dibatasi oleh risiko bisnis yang terkait dengan jalan tol baru.

“Peringkat dapat dinaikkan, jika JSMR bisa memperkuat profil bisnis secara substansial melalui keberhasilan membangun dan mengoperasikan jalan tol baru dengan volume lalu lintas yang kuat”.

Pada sisi lain, Pefindo bisa saja men-downgrade peringkat JSMR, apabila ada pelemahan dukungan dari pemerintah, yang bisa diindikasikan oleh divestasi material atau JSMR mengalami pelemahan rasio perlindungan arus kas akibat dari penurunan pendapatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Gandeng Perumnas, BTN Genjot Perumahan MBR

JAKARTA-Direktur Consumer and Commercial Lending PT Bank Tabungan Negara (Persero)

Tutik: THR dan Gaji Ke 13 Harus Bisa Ubah Mental PNS

JAKARTA-Masyarakat berharap kebijakan pemerintah memberi kenaikkan Tunjangan Hari Raya (THR)