Pelopor di Sektor Logistik RI, LAJU Operasikan Armada Truk Listrik

Thursday 21 Mar 2024, 10 : 56 pm
Peluncuran truk listrik untuk armada logistik JBL di Cikarang, Jawa Barat. (Foto : Istimewa)

JAKARTA –  PT Jasa Berdikari Logistics Tbk (LAJU) merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang mengenalkan kendaraan listrik di sektor logistik sekaligus melakukan uji coba penggunaan armada truk listrik dalam kegiatan operasional pengangkutan barang milik mitra pelanggan.

Menurut Komisaris LAJU, Dimas Teguh Mulyanto dalam keterangan resmi perseroan yang dilansir di Jakarta, Rabu (20/3/2024) malam, keputusan untuk melakukan uji coba penggunaan truk listrik merupakan bagian dari strategi bisnis untuk meningkatkan efisiensi dan memberikan layanan prima kepada mitra pelanggan.

Dia menyampaikan, kemarin LAJU secara resmi mengumumkan uji coba penggunaan truk listrik sebagai moda transportasi pendistribusian barang milik pelanggan.

Sebagai perusahaan layanan logistik terintegrasi pemilik merek dagang JBL ini, LAJU mengambil langkah proaktif dengan merespons tren pemanfaatan teknologi ramah lingkungan dan gaya hidup go green.

“Peluncuran ini akan menjadi momentum istimewa, karena JBL menjadi pelopor pengenalan teknologi dan inovasi terkini di bidang kendaraan listrik untuk sektor jasa logistik di Indonesia,” kata Dimas di sela-sela acara bertajuk “JBL Me-LAJU Menuju Evolusi Logistik Bebas Emisi dengan Truk Listrik” yang digelar di Cikarang, Jawa Barat.

Pada tahap awal uji coba penggunaan truk listrik ini, LAJU akan mengoperasikan dua unit.

Saat ini perseroan memiliki armada truk konvensional mencapai 470 unit dan hingga akhir tahun 2030 total armada diproyeksikan mencapai 1.000 unit, yang mayoritas merupakan truk listrik.

“Peluncuran pada hari ini merupakan tahap awal untuk mengenalkan tingkat efisiensi dan efektivitas truk listrik. Penambahan armada listrik akan terus berlanjut, karena kami konsisten untuk memberikan dan menawarkan layanan prima kepada para pelanggan. Kami tetap memegang komitmen untuk memenuhi semua kebutuhan mitra bisnis,” paparnya.

Dia menyampaikan, saat ini pelanggan LAJU merupakan sejumlah perusahaan pemilik brand ternama yang bergerak di bidang ritel Fast Moving Consumer Goods (FMCG).

Dimas meyakini, layanan jasa logistik dengan menggunakan truk listrik ramah lingkungan akan memberikan dampak positif bagi pelanggan, perseroan dan bahkan masyarakat secara umum.

Lebih lanjut Dimas menambahkan, sejauh ini LAJU menerapkan layanan logistik terintegrasi untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan, sehingga perseroan harus memastikan ketersediaan moda angkutan, pengemudi, jasa pengelola pengiriman dan pergudangan, yang didedikasikan secara khusus kepada satu pelanggan di satu lokasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pengembangan WPPI Luar Jawa Terus di Genjot

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bertekad terus mendorong pengembangan Wilayah Pusat Pertumbuhan

HSBC-PSF Gelar Program Perbankan dan Keuangan Bagi Masyarakat

JAKARTA-The Hongkong and Shanghai Banking Corporation (HSBC) Indonesia berkolaborasi dengan