Peluang Tinggi Baru Pasar Produk UMKM Olahan Umbi dan Chip Porang di Korsel

Monday 6 Sep 2021, 10 : 05 am
by
Porang memiliki nilai ekonomi tinggi karena memiliki berbagai manfaat dan memiliki peluang ekspor besar.

JAKARTA-Produk olahan umbi Indonesia pada umumnya memiliki prospek pasar yang sangat bagus di Korea Selatan (Korsel).

Peningkatan nilai ekspor selalu signifikan dari tahun ke tahun, terlebih lagi dengan adanya diversifikasi yang sekarang gencar dilakukan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala ITPC Busan, Reandhy Putra Darmawan dalam webinar KOPITU pada Sabtu, 4 Agustus 2021.

Di samping Kepala ITPC, webinar tersebut juga turut dihadiri oleh Ketua Umum KOPITU Yoyok Pitoyo dan Mitra KOPITU di Korea Selatan Captain Ham Yeong-Soo.

“Produk umbi Indonesia sudah dikenal salah satu yang terbaik di kawasan Asia. Saya sangat mengharapkan produk-produk seperti itu dari Indonesia dapat masuk ke Korea Selatan dalam jumlah yang lebih besar, terutama dengan adanya agreement baru yang akan ditandatangani antara Korea Selatan dan Indonesia,” ungkap Capt. Ham.

Berdasarkan pernyataan tersebut, pemerintah Indonesia saat ini sedang memperbarui terms and condition ekspor dan impor antara Indonesia dan Korea khususnya pada produk Perikanan dan Pertanian.

Hal tersebut menjadi peluang baru yang sangat besar bagi petani dan pelaku usaha di Indonesia.

“Bahkan produk Indonesia lebih diminati dibanding produk Korea sendiri, namun banyak orang Korea yang belum menyadari karena kurangnya promosi,” terang Capt. Ham.

Mengingat banyaknya kesulitan yang dihadapi oleh berbagai stakeholder di Indonesia, memang sangat dibutuhkan aksi nyata yang mempersiapkan ekosistem dari hulu hingga hilir.

“Kita sebenarnya sudah membuka peluang pasar dan akses ke offtaker seperti yang ditanyakan tadi. Tinggal tergantung kepada bapak atau ibu sendiri untuk kapan mau memulai merapat dan segera berkolaborasi dengan kita. Mulai hulu hingga hilir kita sudah siapkan, dari onfarm sampai off farm,” ungkap Yoyok.

“Kita sudah siapkan kok, dan mitra kita sudah ada di hampir seluruh wilayah Indonesia. Kita tinggal menunggu saja bagi para pelaku UMKM maupun petani dan jaringan bisnis lain untuk dengan kooperatif bergabung dan berkolaborasi dengan kita, Salam KOPITU,” pungkas Yoyok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Indonesia-Ukraina Tandatangani 4 Perjanjian Kerjasama

JAKARTA-Pemerintah Indonesia dan Ukraina sepakat mempererat kerjasama penguatan di bidang

17 Januari 2024, Sukuk Mora Telematika Indonesia Senilai Rp279,63 Miliar Dicatatkan di BEI

JAKARTA-Manajemen PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) telah menyelesaikan penawaran