Pemanfaatan Laju Ekonomi Digital Bisa Tekan Angka Gini Ratio

Tuesday 2 Oct 2018, 11 : 56 pm
by

Menteri Rudiantara menuturkan, pemerintah saat ini juga membuat aturan kebijakan (affirmative policy) kepada masyarakat yang ingin berwirausaha memanfaatkan teknologi digital. Diharapkan kebijakan itu dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi digital di Tanah Air.

Beberapa program yang termasuk dalam afirmative policy antara lain adalah internet backbone broadband Palapa Ring, kemudahan dalam regulasi dan menjadi fasilitator serta akselerator untuk perusahaan start up.

Mengenai satelit Palapa Ring, merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer. Palapa Ring terdiri dari tujuh lingkar kecil serat optik (untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku) serta satu backhaul untuk menghubungkan semuanya.

Pembangunan infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring ditargetkan nantinya mampu menjangkau 440 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2018, angka gini ratio di masyarakat Indonesia adalah 0,389. Angka tersebut turun dibandingkan September 2017 sebesar 0,39

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PT Samudera Indonesia Tbk

Uang Beredar Oktober 2021 Tercatat Rp7.490,7 Triliun

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam
Said Abdullah

PDIP: Perlu Terobosan Kebijakan Menaikkan Angka Pertumbuhan 6%

5. Proyeksi nilai tukar dalam APBN 2020 diusulkan pada angka