Pembangunan Double Track Jakarta-Surabaya belum Tuntas

Monday 25 Nov 2013, 9 : 21 pm

SURABAYA-Pemerintah  belum menuntaskan pembangunan jalur ganda atau double track kereta api (KA) jurusan Jakarta–Surabaya.  Padahal, sesuai target, pembangunan double track sepanjang 725 km tersebut selesai akhir Desember 2013.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Sri Winarto kepada wartawan di Surabaya, Senin (25/11) mengatakan sejauh ini progress pembangunan double track baru mencapai  75-80 persen. Menurut Satuan Kerja (Satker) dari Kementerian Perhubungan RI yang bertanggung jawab proyek double track, pengerjaan mega proyek double track tersebut sudah mencapai sekitar 75 persen. Jadi ini pasti molor karena masih ada di beberapa titik yang belum selesai penyambungan relnya,” kata Win, sapaan karib Sri Winarto.

Jalur yang belum tersambung kata Win, berada di Tandes dan Cerme Gresik.  Sulitnya pembebasan lahan menjadi kendala utama dalam proses pembangunan double track tersebut. Harga tanah yang cukup tinggi tampaknya menyebabkan pemilik lahan dan pemerintah tidak menemukan kata sepakat. Memang sesuai dengan target yang ditetapkan Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, pengoperasian double track akan dilakukan secara bertahap, sejalan dengan penyelesaian pada beberapa ruas jalur. “Di beberapa spot masih ada pembebasan lahan yang masih berlangsung. Ada spot-spot yang belum kelar, karena harga tanah belum ada kesepakatan antara masyarakat dan Satker. Sudah ada kemajuan di Semarang-Bojonegoro, Bojonegoro-Surabaya cukup baik yang sebelumnya sempat ada kendala,” paparnya.

Pengerjaan proyek ini dibagi menjadi rute Cirebon-Brebes, Pekalongan-Semarang, Semarang-Bojonegoro, dan tahap akhir Bojonegoro-Surabaya. Double track sepanjang 725 kilometer yang menghubungkan Jakarta dengan Surabaya ini diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh Jakarta-Surabaya. Jika saat ini waktu tempuh Jakarta-Surabaya 11 jam, setelah double track beroperasi diharapkan bisa ditempuh dalam 8,5 jam. Ruas Jakarta–Semarang diharapkan sudah selesai sebelum Lebaran kemarin sehingga dapat dioperasikan dan membantu kelancaran perjalanan kereta api ke wilayah itu.

Setelah itu, jalur ganda akan diselesaikan secara bertahap ke arah timur. Penyelesaian jalur ganda masih on schedule, meskipun pada beberapa lokasi masih terkendala pembebasan lahan karena dalam proses negosiasi dan sebagainya.

Adapun double track yang sudah selesai dan telah dioperasikan adalah rute Tegal–Pekalongan, kemudian Pekalongan–Brebes, sedangkan jalur ganda Cirebon–Brebes sepanjang 60 kilometer masih dalam proses penyelesaian yang ditargetkan rampung dalam tahun ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Dua Warga Tangsel Jadi Korban Investasi Alkes Bodong, Uang Rp 1,3 Miliar Amblas

TANGERANG-Dua kakak-beradik Azdita, (24 tahun) dan Binayana, (26 tahun), warga

Menaker Ancam Hukum Perusahaan Tidak Memberikan THR

JAKARTA-Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri mengaku akan segera membentuk