Sektor Pertanian Butuh Langkah Konkret Pemerintah

Friday 19 Dec 2014, 3 : 12 pm
Twitter.com

JAKARTA-Pemerintah diminta segera bertindak konkret terhadap program pertanian di daerah. Masalahnya, infrastruktur pertanian di daerah banyak yang rusak. Ditambah lagi hasil panen tidak stabil. “Petani banyak mengeluhkan kondisi pertanian. Karena itu pemerintah harus fokus pada  pembangunan pertanian di daerah,” kata Sekretaris Fraksi PKB DPR RI Jazilul Fawaid (JF) di Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Lebih jauh Jazil mendesak pemerintah segera menerapkan UU Pemberdayaan dan Perlindungan Petani. Sehingga petani merasa diperhatikan. “Musim hujan tak menentu, sehingga cuaca sulit untuk diprediksi,” tegas orang dekat Muhaimin Iskandar.

Dari hasil komunikasi dengan petani, Jazil menambahkan alih fungsi lahan pertanian juga menjadi salah satu kendala untuk menggenjot produksi pertanian. “Jumlah bangunan dan gedung-gedung makin banyak, sehingga  lahan pertanian makin sempit,” tuturnya.

Selain soal infrastruktur pertanian, kata Jazil, petani juga mempermasalahkan soal pupuk. Karena beberapa kelompok tani tidak mendapat pasokan subsidi pupuk. Artinya, ada yang salah sasaran.

Begitupun dengan pembudidaya ikan, lanjut Jazil lagi, hasil panen perikanan juga tidak stabil. Jadi perhatian kepada masyarakat budidaya ikan (petambak) masih memprihatinkan.   (ek)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Rupiah Jeblok, Fadel Minta APBN Jangan Sampai Jebol

JAKARTA-Kalangan DPR sangat cemas dengan kondisi rupiah yang makin tak

Basuki Hadimuljono Sabet Award Tokoh Infrastruktur Merah Putih

JAKARTA-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima