Pemilu Satu Putaran, Beri Sentimen Positif ke Rupiah

Friday 4 Jul 2014, 5 : 36 pm
by
BI
ILUSTRASI

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) memastikan akan terus memantau perkembangan pasar keuangan untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah di tengah tingginya volatilitas akibat semakin ketatnya persaingan capres dan cawapres pada Pemilu 2014.

“Ada persaingan (capres-cawapres) yang cukup tajam. Itu berpengaruh kepada nilai tukar, walaupun secara umum kondisi bulan Juni itu merupakan pola musiman,” kata Gubernur BI, Agus Martowardojo di Kompleks Perkantoran BI Jakarta, Jumat (4/7).

Menurut Agus Marto, tren pelemahan rupiah dalam beberapa waktu terakhir lebih bersifat temporer, karena adanya kewajiban pembayaran pada luar negeri, seperti repatriasi keuntungan, pembagian dividen, pembayaran bunga utang.

Selain itu, ujar dia, pasar valas juga mengalami tekanan akibat tidak seimbangnya supply dan demand.

Namun demikian, jelas Agus Marto, adanya pernyataan dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang memastikan pemilu presiden berlangsung satu putaran akan memberi sentimen positif terhadap rupiah.

“Kami juga melihat bahwa kedua calon presiden menyampaikan komitmen secara damai. Itu positif sekali,” imbuhnya.

Selain itu, jelas Agus Marto, pada 2014 ini bank sentral berkomitmen menjaga inflasi dalam upaya menyehatkan neraca transaksi berjalan agar dapat menuju angka di bawah 3 persen dari PDB.

“Kalau tahun lalu (2013) kan defisitnya 3.3 persen, sekarang ini kami harapkan di bawah 3 persen atau lebih rendah dari US$29 miliar,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Persempit Penyelundupan, Bea Cukai Gandeng TNI/Polri Awasi Perbatasan

PONTIANAK-Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian

Perkuat Bisnis Utama, Pertamina Rasionalisasi 25 Entitas Usaha

JAKARTA-PT Pertamina (Persero) siap mendukung upaya pemegang saham dalam rangka