Pencurian Besi Sebabkan Tower Roboh dan Listrik Padam

Friday 29 Aug 2014, 1 : 32 pm
by

JAKARTA-Pencurian besi-besi penyangga tower listrik oleh orang yang tidak bertanggung jawab menyebabkan tower listrik roboh dan listrik padam. Hal ini terjadi pada Rabu 27 Agustus 2014 jam 21.35 WIB di Pamengpeuk, Garut, Jawa Barat. Tower yang roboh adalah tower 16 arah Pamengpeuk dari gardu induk (GI) Sumadra. Saat petugas tiba di lokasi tower 70 kilo Volt (kV) alat-alat pencurian ditemukan masih berada di tempat kejadian dengan posisi tower sudah roboh.

Deputi Manajer Komunikasi PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten,  Ahmad Syah mengatakan kejadian ini menyebabkan beberapa daerah seperti Sancang dan Cikeles sempat mengalami pemadaman. Petugas PLN langsung berupaya memasang tower darurat untuk meminimalisir pemadaman di sisi pelanggan. Pasokan listrik ke daerah yang padam juga dialihkan ke saluran pemasok (penyulang) lainnya. Namun beberapa daerah tersebut di atas tidak bisa tertolong sehingga mengalami pemadaman. Lokasi yang mengalami pemadaman sementara antara lain yang disuplai dari penyulang Sancang sebanyak 53 gardu, ditambah percabangan dengan penyulang lain sebanyak 72 gardu. Total padam mencapai 125 gardu atau sekitar 19% dari total wilayah Garut. Petugas PLN terus melakukan penormalan. Sore tadi tower darurat selesai dikerjakan dan sudah bisa beroperasi kembali,” jelasnya.

Laporan atas kejadian pencurian ini sudah ditangani oleh Kepolisian Resort (Polres) Garut. Atas kejadian ini PLN meminta maaf kepada para pelanggan yang mengalami pemadaman dan mohon bersabar karena petugas PLN terus berupaya memperbaiki jaringan listrik. (ALFONS)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BTN Bakal Garap Potensi KPR 300.000 Unit Rumah TNI

JAKARTA-Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Maryono berjabat

Tingkatkan Konektivitas, PUPR Bangun 134 Jembatan Gantung Tahun 2018

JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun jembatan gantung