Penjualan Turun, Tesla PHK 2.688 Karyawan di Pabrik Texas

Rabu 24 Apr 2024, 2 : 39 pm

JAKARTA -Tesla berencana akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap hampir 2.700 karyawan di pabriknya di Austin, ibu kota Negara Bagian Texas, Amerika Serikat (AS) pada Juni 2024 mendatang, karena penjualan mobil listrik tersebut mengalami  penurunan.

Menurut sebuah pemberitahuan yang diperoleh sejumlah kantor media pada Selasa (23/4/2024) yang dikenal sebagai Pemberitahuan Penyesuaian dan Pelatihan Ulang Pekerja (Worker Adjustment and Retraining Notification/WARN), Tesla akan memberhentikan 2.688 karyawan secara permanen di Gigafactory mereka di Austin dalam periode 14 hari mulai 14 Juni 2024.

Dilansir dari ANTARA, Tesla menyampaikan pemberitahuan tersebut kepada Komisi Tenaga Kerja Texas dan Wali Kota Austin Kirk Watson pada Senin (22/4/2024) waktu setempat.

Perusahaan itu pada pekan lalu melakukan penarikan (recall) terhadap hampir 4.000 unit Cybertruck karena adanya masalah pada pedal gas yang dapat meningkatkan risiko tabrakan.

Hal itu mencakup semua truk yang telah dijual Tesla sejak kendaraan tersebut dipasarkan pada November.

Tesla mengeluarkan surat WARN kepada Departemen Tenaga Kerja Negara Bagian New York beberapa hari yang lalu, yang menyatakan bahwa produsen mobil listrik tersebut akan memberhentikan 285 karyawan di fasilitasnya di Buffalo, New York.

Pada awal bulan ini, Tesla mengatakan kepada para karyawannya bahwa mereka akan memberhentikan lebih dari 10 persen tenaga kerja globalnya, yang dapat berdampak pada lebih dari 14.000 orang.

Berita itu muncul setelah produsen mobil listrik tersebut melaporkan penurunan penjualan secara tahunan untuk pertama kalinya sejak 2020.

Perusahaan itu juga memperingatkan bahwa pertumbuhan penjualan kemungkinan “jauh lebih rendah” pada 2024 dibandingkan target pertumbuhan 50 persen setiap tahun yang telah mereka tetapkan.

Berdasarkan Undang-Undang WARN, yang merupakan hukum ketenagakerjaan AS, pemberi kerja di AS yang memiliki 100 karyawan atau lebih diwajibkan memberikan pemberitahuan 60 hari sebelum rencana penutupan atau PHK massal.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Investor Tak Serius Beli Bank Mutiara

JAKARTA-Investor ternyata tak serius beli Bank Mutiara Tbk. Hingga batas

Singkawang Diminta Gandeng Investor Demi Majukan Industri Pariwisata

JAKARTA-Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mendorong para kepala daerah lebih