Penuhi Modal Inti Rp3 Triliun, AGRO Rencanakan Rights Issue 3,5 Miliar Saham

Thursday 18 Aug 2022, 8 : 43 pm
by
PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga

JAKARTA-Guna dapat memenuhi ketentuan modal inti minimal Rp3 triliun paling lambat 31 Desember 2022, PT Bank Raya Indonesia Tbk (AGRO) berencana melakukan Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PM-HMETD) alias rights issue maksimal 3,5 miliar saham.

Berdasarkan keterangan resmi AGRO yang dikutip Kamis (18/8), perseroan berencana menerbitkan sebanyak-banyaknya 3,5 miliar saham bernilai nominal Rp100 per lembar melalui PM-HMETD atau setara dengan 15,39 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh AGRO per 31 Juli 2022.

“Harga pelaksanaan rencana PM-HMETD X akan ditetapkan dan diumumkan kemudian di dalam Prospektus PM-HMETD X, dengan memperhatikan peraturan dan ketentuan yang berlaku, termasuk Peraturan Nomor I-A,” demikian disebutkan oleh manajemen AGRO.

AGRO menambahkan, harga pelaksanaan pada aksi korporasi ini paling sedikit sama dengan batasan harga terendah saham yang diperdagangkan di pasar reguler dan pasar tunai.

Seperti diketahui, pada perdagangan Selasa (16/8), harga AGRO ditutup pada level Rp760 per saham.

Perseroan berencana melaksanakan penambahan modal tersebut dalam jangka waktu antara tanggal persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) terkait rencana PM-HMETD sampai efektifnya pernyataan pendaftaran yang tidak lebih dari 12 bulan.

Adapun penyelenggaraan RUPS Luar Biasa untuk mendapatkan persetujuan dari para pemegang saham atas rencana rights issue ini akan dilakukan pada 22 September 2022.

“Apabila PM-HMETD tidak memperoleh persetujuan dari RUPS, maka rencana tersebut baru dapat diajukan kembali 12 bulan setelah pelaksanaan RUPS”.

Rencananya, dana hasil pelaksanaan rights issue —setelah dikurangi seluruh biaya emisi— akan digunakan untuk penguatan permodalan terutama ekspansi bisnis melalui penyaluran kredit. Hal ini sejalan dengan pemenuhan kewajiban sesuai POJK No. 12/2020 yang di dalamnya mengatur tentang modal inti minimum Rp 3 triliun paling lambat 31 Desember 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Benny Sabdo

Sketsa Hukum Pemilu Indonesia

Oleh: Benny Sabdo Mengapa sketsa? Dalam sebuah karya seni, sketsa
PT Samudera Indonesia Tbk

Buat Modal Kerja, Panca Mitra Multiperdana Gelar Right Issue Rp79 Miliar

JAKARTA-Manajemen PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) berencana melakukan penawaran