Per 1 April, Realisasi Anggaran PC-PEN 2022 Sebesar Rp29,3 Triliun

Tuesday 5 Apr 2022, 4 : 44 pm
by
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

JAKARTA-Realisasi anggaran Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) Tahun Anggaran 2022 hingga 1 April 2022 adalah sebesar Rp29,3 triliun atau 6,4% dari alokasi total sebesar Rp455,62 triliun.

Hal ini terungkap dalam Konferensi Pers Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Istana Merdeka, Senin (04/04).

Kinerja PC-PEN tahun ini didorong oleh klaster perlindungan masyarakat, penanganan bidang kesehatan terutama untuk percepatan vaksinasi serta penguatan pemulihan ekonomi di daerah masing-masing.

Realisasi kluster penanganan kesehatan mencapai Rp1,55 triliun (1,3% dari alokasi). Capaian ini terutama untuk insentif perpajakan atas vaksin dan alat kesehatan, serta penanganan Covid-19 melalui Dana Desa.

Realiasi kluster perlindungan masyarakat mencapai Rp22,74 triliun (14,7% alokasi), khususnya untuk program PKH, kartu Sembako, kartu Prakerja, BLT Desa, dan Bantuan Tunai PKLWN.

Selanjutnya, realisasi kluster penguatan pemulihan ekonomi capainnya sebesar Rp5,02 triliun (2,8% alokasi) yang utamanya untuk program pariwisata, pangan, subsidi/IJP UMKM, dan insentif perpajakan.

“Berdasarkan arahan Bapak Presiden, Program Bantuan Subsidi Upah (BSU) akan terus dimatangkan untuk diberikan kepada 8,8 juta tenaga kerja dengan gaji kurang dari Rp 3,5 juta, dan ini dalam waktu dekat akan diumumkan,” pungkas Menko Airlangga

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pemerintah Genjot Pertumbuhkan Wirausaha Baru di Sektor IKM

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya menumbuhkan wirausaha baru khususnya di

DPR Dukung Pemerintah Hadapi Newmont

JAKARTA-Kalangan DPR menegaskan sikapnya mendukung pemerintah melarang PT Newmont Nusa