Percepat Revitalisasi Pasar, Pemerintah Anggarkan Dana Rp 1,2 Triliun

Friday 25 Sep 2015, 4 : 32 pm
by

BANTEN-Pemerintah berencana mempercepat revitalisasi pasar rakyat. Selain termasuk dalam agenda prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo, revitalisasi pasar rakyat memiliki peran penting dalam menggerakkan perekonomian nasional.

Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong mengatakan revitalisasi pasar rakyat akan memberikan manfaat langsung bagi masyarakat. “Revitalisasi pasar rakyat punya banyak manfaat, seperti menggeliatkan perekonomian rakyat, memudahkan akses masyarakat ke sumber ekonomi, serta memperkuat basis ekonomi masyarakat daerah,” ujarnya.

Mendag memaparkan, pasar rakyat juga menjadi sarana perdagangan dan titik distribusi barang yang strategis dalam mengawal harga dan mengendalikan tekanan inflasi. Pada saat bersamaan, kehadiran pasar rakyat mampu mendorong revitalisasi sosial. “Pasar rakyat menjadi sarana interaksi masyarakat karena di situ terjadi transaksi langsung. Bahkan, di beberapa daerah, pasar menjadi ruang publik yang efektif,” papar Mendag saat meninjau Pasar Cipanas tersebut.

Tahun ini, Mendag Thomas bertekad mewujudkan Program Revitalisasi Seribu Pasar Rakyat yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Tidak sekadar membangun fisiknya, revitalisasi pasar ini juga mencakup peningkatan manajemen. Untuk itu, tahun ini pemerintah menganggarkan dana sekitar Rp 1,2 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk membangun kembali pasar-pasar rakyat, utamanya di wilayah-wilayah tertinggal.

Pasar Komoditas

Thomas memberikan terobosan penting dengan mengarahkan terbangunnya pasar komoditas. Thomas menjelaskan program pengembangan pasar rakyat akan mempertimbangkan faktor potensi daerah. Misalnya, daerah penghasil buah-buahan akan diarahkan fokus membangun pasar komoditas buah. Dengan cara tersebut, harapannya setiap daerah memiliki keunggulan dan daya saing tersendiri.

Tidak kalah pentingnya, menurut Thomas, membangun sistem yang mampu menyatukan dan menghubungkan tren harga dan sisi pasokan maupun kebutuhan antar pasar. Dengan demikian gejolak harga barang dan ketidakseimbangan stok barang bisa ditekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Reshuffle, Sri, dan Skandal Bank Century

Oleh: Edy Mulyadi Beberapa hari ini, wacana bakal terjadinya reshuffle

Kabel Semrawut Ganggu Aktifitas Warga di Tangsel

TANGERANG-Akses jalan warga terganggu kabel semrawut yang ada di tanjakan