PM Malaysia Anwar Ibrahim Sarankan Cucu Megawati Belajar Politik

Tuesday 3 Oct 2023, 5 : 18 pm
by
Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Prof.Dr.(HC) Megawati Soekarnoputri bersama Keluarga Perdana Menteri (PM) Anwar Ibrahim

JAKARTA-Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Prof.Dr.(HC) Megawati Soekarnoputri baru saja bertemu secara terpisah dengan dua tokoh terpenting Malaysia, Perdana Menteri (PM) Anwar Ibrahim serta mantan PM Mahathir Mohamad.

Ketika ditanya wartawan usai kedua pertemuan di Putrajaya, Malaysia, Selasa (3/10/2023), mengenai pertemuan dan substansi pembicaraan, Megawati memberi penjelasan panjang.

“Sebenarnya kunjungan ke kedua tokoh ini, Pak Mahathir Mohamad dan PM Malaysia, mereka itu sebenarnya sebagai sebuah kunjungan kangen-kangenan. Dengan mereka kenal cukup lama dan juga kalau mereka ke Jakarta selalu berbuat janji dengan saya. Jadi katakan ini adalah membalas kedatangan setiap kali ke Jakarta,” kata Megawati.

Banyak hal dibahas. Dari mulai soal kekeluargaan, semisal bagaimana Mahathir yang berusia 98 masih sangat sehat.

Tentu saja, sekain saling mendoakan tetap sehat walafiat, tetap ada saling cerita soal politik internal di kedua negara.

“Saling mendoakan, saling menceritakan perpolitikan Indonesia dan Malaysia. Begitu juga dengan Pak Anwar. Beliau juga meminta untuk bisa, kami dan saya, karena sudah berteman lama untuk saling memberikan masukan. Terutama kan Pak Anwar baru jadi perdana menteri kan ya. Beliau mengatakan sekiranya memungkinkan untuk bisa saling berkunjung. Tapi saya langsung bilang nanti ya kalau sudah selesai Indonesia pemilunya,” tutur Bu Mega.

Tentu saja, Megawati yang baru menerima gelar doktor honoris causa ke-10 dari Universiti Tun Abdul Rahman juga menjadi pembicaraan.

Baik Mahathir dan Anwar tak bisa hadir saat upacara.

Namun mereka mengikuti dan mendapat laporan soal isi orasi ilmiah Megawati.

“Mereka berdua itu juga mengucapkan selamat bahwa juga merasa senang. Apalagi yang diberikan itu kan (gelar doktor bidang) social science. Ibu Anwar bilang, itu sebuah hal yang sebenarnya tidak biasa untuk diberi honoris causa untuk yang namanya social science itu,” urainya.

Pertemuan itu sekalian kesempatan bagi mereka untuk saling bernostalgia.

Bagaimana Anwar Ibrahim yang dipenjara, lalu menyampaikan keinginan untuk berkenalan dengan Megawati.

“Lalu dari sejak itulah kami menjadi sahabat. Dan juga beliau yang tidak akan pernah lupa, terutama ibu (Wan Azizah San Ismail), ketika Pak Anwar juga masih berada di tahanan, kalau menurut saya kelihatannya waktu itu ketika ditahan di Malaysia juga. Ketika itu ibu Wan Azizah Wan Ismail yang memimpin sebagai ketua umum. Saya ya ketika menjadi presiden, saya mendengar Ibu Anwar ada di Jakarta, itu saya mengundang, beliau sangat mengapresiasi begitu,” urai Megawati.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pemerintah Cabut 2.078 Izin Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara

JAKARTA-Pemerintah terus memperbaiki tata kelola sumber daya alam guna mewujudkan

Keramika  Indonesia Assosiasi Beri Pinjaman ke Anak Usaha Rp30 Miliar untuk Modal Kerja

JAKARTA-PT Keramika  Indonesia Assosiasi Tbk (KIAS)  telah menandatangani perjanjian pinjaman