Potensi Maritim Indonesia, 8 Kali Nilai APBN 2014

Monday 1 Jun 2015, 9 : 09 pm
by

CIREBON-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan pemanfaatan kekayaan sumber daya maritim masih belum maksimal. Padahal, optimalisasi wilayah Maritim Indonesia akan mampu memberikan nilai ekonomi hingga US$ 1.2 triliun per tahun atau tambahan 1,2 kali PDB pada saat ini atau 8 kali nilai APBN 2014.

Hal ini disampaikan Sudirman Said saat secara resmi meluncurkan Peringatan Hari Nusantara ke-15 tahun 2015 yang berlangsung di Pelabuhan Nelayan Nusantara Kejawanan, Cirebon, Jawa Barat, Senin (1/6).

Acara peluncuran ini merupakan langkah awal untuk menggaungkan perhelatan Peringatan Hari Nusantara 2015 yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2015 di Pelabuhan Lampulo, Banda Aceh.

Menurutnya, sumber daya alam laut yang dimiliki Indonesia terdapat potensi energi dan sumber daya mineral yang besar, termasuk di dalamnya adalah minyak dan gas, mineral, serta energi baru terbarukan. “Dari berbagai potensi energi tersebut, salah satu yang dapat dikembangkan adalah energi baru terbarukan yang bersumber dari arus laut, pasang surut, gelombang dan perbedaan temperatur air laut”, jelasnya.

“Sebagai Ketua Pelaksana Nasional, sekaligus kementerian yang menaungi bidang energi, tentu kami akan mengerahkan kemampuan terbaik untuk mengembangkan potensi sumber daya alam laut yang ada,” ujarnya.

Dia mengatakan dengan pengelolaan potensi yang ada tersebut akan dapat mendukung pencapaian bauran energi baru terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025. Saat ini, energi baru terbarukan harus dijadikan sebagai energi utama. Di sisi lain, kementerian juga akan fokus terhadap potensi wilayah pesisir, seperti lahan dan penataan ruang yang aman, serta layak dari potensi bencana alam”, jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Fahri Ajukan Permohonan Eksekusi Aset PKS

JAKARTA-Menindaklanjuti Putusan Kasasi Mahkamah Agung yang memenangkan dirinya, Fahri Hamzah

Termasuk Tunjangan Profesi Guru, Pemerintah Hemat DAK Rp 29,8 Triliun

JAKARTA-Pemerintah memangkas anggaran sejumlah kementerian/lembaga guna memelihara kredibilitas fiskal pemerintah.