Presiden Jokowi Blusukan Perdana ke Sinabung

Tuesday 28 Oct 2014, 7 : 59 pm
by

JAKARTA-Setelah merampung susunan kabinet periode 2014-2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai melakukan blusukan. Pada Rabu (29/10), Jokowi akan terbang ke Sumatera Utara untuk menengok para pengungsi letusan Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera utara. Kunjungan ke lokasi pengungsian Sinabung ini merupakan kunjungan perdana ke daerah pasca-dilantik menjadi presiden pada 20 Oktober 2014 “Bapak presiden Jokowi akan mengunjungi Sinabung untuk memberikan bantuan,” ungkap Sekretaris Eksekutif Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Bambang Widianto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/10).

Jokowi bersama Ibu Negara dijadwalkan tiba di Lanud Soewondo, Polonia, Medan, pada siang hari untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Karo menggunakan jalur darat.

Agenda Jokowi selama di Karo mendatangi sejumlah titik pengungsian utama di Berastagi dan Kabanjahe, sekaligus memberikan bantuan kepada para pengungsi. Ia juga akan memimpin langsung rapat koordinasi penanganan pengungsi di Posko Utama Kabanjahe.

Bambang mengatakan presiden Jokowi akan memberikan bantuan berupa tabungan dengan menggunakan kartu elektronik (SIM card).

Bantuan presiden kepada masyarakat Sinabung ini diambil dari dana operasional presiden yang nilainya sebesar Rp 2,5 miliar per bulan. “Berupa tabungan menggunakan kartu elektronik. SIM card. Pakai anggaran operasional presiden,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia jelaskan, jumlah penerima bantuan akan dihitung berdasarkan data yang dimiliki TN2K saat menyalurkan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat – Pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dijelaskan pula, presiden Jokowi ingin bantuan tersebut benar-benar sampai ke masyarakat yang membutuhkan. Karena itu, Jokowi meminta penyaluran bantuan itu memakai teknologi untuk menjangkau masyarkat yang membutuhkan.

Diharapkan ke depannya, panyaluran bantuan berupa tabungan kepada masyarakat miskin dengan memakai teknologi, melalui Sim card. “Pencairannya bisa melalui kantor pos, atau agen. Contohnya bank mandiri, dan Indomaret dan siapa saja lah yang bisa,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jurus Pemerintah Tingkatkan Daya Saing IKM Olahan Porang

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya memberdayakan para petani porang dalam

DPR Dukung PT. Semen Indonesia Lanjutkan Upaya Hukum

JAKARTA-Ketua Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Teguh Juwarno memastikan parlemen