PTBA Siap Ekspor Karbon Aktif ke Australia Sebanyak 12 Ribu Ton Per Tahun

Wednesday 6 Jan 2021, 8 : 47 pm
by
Ilustrasi

JAKARTA-PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA) mengaku, perseroan akan menjual karbon aktif dari bahan baku batubara sebanyak 12 ribu ton per tahun kepada perusahaan pemasok karbon aktif asal Australia, Activated Carbon Technologies Pty Ltd (ACT).

Menurut Direktur PTBA, Fuad IZ Fachroeddin dalam keterbukaan informasi perseroan yang dilansir Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Selasa (5/1) malam, rencana penjualan karbon aktif tersebut setelah PTBA dan ACT menyepakati Head of Agreement (HoA) pada 22 Desember 2020.

Fuad mengatakan, nantinya PTBA akan memproduksi karbon aktif dan ACT bertindak sebagai offtaker hasil produksi yang akan dilakukan di Tanjungenim, Sumatra Selatan.

Sedangkan, terkait kualitas produk dan term komersial lainnya akan disepakati lebih lanjut dalam bentuk perjanjian jual-beli.

Lebih lanjut Fuad menyampaikan, PTBA berencana membangun pabrik di Kawasan Industri Tanjung Enim (BACBIE) untuk memproduksi karbon aktif sebanyak 12 ribu ton per tahun, dengan mengolah sebanyak 60 ribu ton batubara per tahun.

Dia mengungkapkan, persiapan Front End Engeneering Design (FEED) untuk pabrik akan dimulai pada 2021.

“Ini kembali menjadi milestone bagi PTBA dengan adanya penandatanganan HoA bersama ACT yang akan menjadi offtaker 12 ribu ton karbon aktif per tahun. Diharapkan pada 2023, realisasi pengapalan pertama karbon aktif dari Tanjung Enim ke pelabuhan di Australia dapat terwujud,” paparnya.

Fuad menambajkan, karbon aktif merupakan salah satu upaya hilirisasi, karena batubara diolah dan mengalami proses aktivasi, sehingga menjadi material yang di dalamnya terdapat banyak pori-pori untuk menyerap zat lain di sekitarnya.

Sebagaimana diketahui, karbon aktif bisa dimanfaatkan untuk proses penjernihan dan pemurnian air, pemurnian gas dan udara, filter industri makanan, penghilang warna untuk industri gula dan MSG, hingga pemanfaatan di bidang farmasi sebagai penetral limbah obat-obatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Luis Suarez Kemungkinan Besar Pergi dari Atletico Madrid Musim Panas Nanti

MADRID-Luis Suarez diperkirakan akan meninggalkan Atletico Madrid pada musim panas

Industri Pariwisata Gresik Terus Tumbuh

SURABAYA-Pengembangan industri pariwisata di Kabupaten Gresik dinilai cukup berhasil sesuai