Rukun Raharja Jual Gas Perdana ke Indah Kiat Pulp & Paper Senilai Rp698,98 Miliar per Tahun

Saturday 23 Dec 2023, 5 : 22 pm
PT Rukun Raharja Tbk

JAKARTA-Manajemen PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) mengumumkan, pihaknya melalui anak perusahaan PT Energasindo Heksa  Karya (EHK) telah meraih kesepakatan untuk menyalurkan gas untuk kebutuhan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) di Riau.

Djauhar Maulidi, Direktur Utama RAJA dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (22/12) mengatakan, kontrak penjualan ini selama 10 tahun dan berpotensi memberikan kontribusi pendapatan US$45 juta atau setara Rp698,98 miliar per tahun ke EHK.

Menurut Djauhar, sesuai kesepakatan para pihak,  Energasindo Heksa Karya (EHK) akan melakukan pengaliran gas perdana di jaringan pipa gas sepanjang kurang lebih 11,7 kilometer.

“Proses pembangunan pipa gas tersebut memakan waktu sekitar 8 bulan sesuai dengan rencana awal pengembangan. Dengan demikian, pipa gas tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi pendapatan perseroan mulai Januari 2024,” tulis Djauhar.

Djauhar mengemukakan,  penyerapan gas melalui pipa ini diperkirakan berkontribusi sekitar 35% terhadap sektor perdagangan gas EHK.

Proyek ini, lanjutnya, merupakan upaya kerja sama dengan INKP.

“Penjualan gas melalui pipa ini diproyeksikan memberikan tambahan pendapatan bagi EHK sekitar US$45 juta per tahun selama masa kontrak pembelian gas 10 tahun, sehingga memberikan dampak finansial yang signifikan,” ujarnya.

Saat ini, menurut Djauhar, pipa gas tersebut hanya akan digunakan oleh INKP.

RAJA juga mempertimbangkan untuk menjajaki kemitraan strategis lainnya di masa depan dan memperluas basis pelanggan sesuai permintaan pasar.

Djauhar menambahkan, RAJA memahami, bisnis niaga gas tetap menjadi lini bisnis yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

100 Kapal Wisata Berlayar Tiap Hari di Perairan Labuan Bajo

LABUAN  BAJO – Jumlah wisatawan yang menghabiskan masa libur lebaran

Ekspor Industri Pengolahan Naik 31% Awal Tahun

JAKARTA-Sektor industri tetap konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap capaian