Said Abdullah: Hasil Survei Terbaru Jadi “Booster” bagi Koalisi Pendukung Ganjar Pranowo

Monday 21 Aug 2023, 8 : 15 pm
by
Said Abdullah dan Ganjar Pranowo

JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah mengungkapkan, hasil survei Litbang Kompas dan Indikator Politik Indonesia menjadi booster (penguat) agar partai-partai pendukung Ganjar Pranowo semakin terpacu untuk kerja lebih kencang guna memenangkan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Pasalnya, hasil survei kedua lembaga kredibel tersebut menempatkan Ganjar Pranowo meraih elektabilitas tertinggi melewati Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

“Hasil survei Indikator Politik dan Litbang Kompas menunjukkan Ganjar Pranowo unggul di Jawa, Bali dan NTT, Kalbar, Kaltim. Sementara Anies unggul di DKI Jakarta, Aceh, Malut, dan Prabowo unggul di beberapa wilayah di Banten, Sumsel, Sulsel, Kalut, dan Kalsel,” kata Said Abdullah dalam keterangannya di Jakarta, Senin 21 Agustus 2023.

Dia meneruskan, “Sebagai bagian dari Tim Pemenangan Ganjar Pranowo, tentu kami akan berusaha merebut hati warga di luar Jawa. Visi pembangunan Ganjar Pranowo juga Indonesia sentris, sebagaimana watak politik PDI Perjuangan.”

Lebih lanjut Said Abdullah mengungkapkan, berdasarkan hasil survei Indikator Politik, Ganjar berhasil merebut suara di kalangan milenial dan Gen Z. Pada kelompok umur 21 tahun ke bawah, Ganjar mendapatkan 40,4 persen, Prabowo 33,9 persen dan Anies 21,9 persen. Sementara pada kelompok umur 22-25 tahun Ganjar kembali unggul di posisi 36,9 persen, Prabowo 29,6 persen dan Anies 26,4 persen.

“Kepercayaan di kalangan anak-anak muda ini sangat penting. Sebab mereka menjadi populasi terbesar dalam jumlah pemilih pada pemilu 2024, sekaligus generasi kita di masa mendatang yang akan berkiprah penting pada kelanjutan pembangunan nasional,” kata Said Abdullah yang juga Ketua Badan Anggaran DPR itu.

Sementara di kalangan warga NU dan Muhammadiyah, masih berdasarkan survei Indikator Politik, Ganjar Pranowo juga unggul.

Dari kalangan NU, Ganjar Pranowo dapat dukungan 43,5 persen, Prabowo 31,6 persen dan Anies 20 persen. Sementara di ceruk “pasar” Muhammadiyah, Ganjar di posisi 36,4 persen, Anies 32,3 dan Prabowo 28,5 persen.

“Tiada henti, agenda Ganjar Pranowo akan terus meyakinkan untuk merebut hati warga NU, Muhammadiyah dan berbagai ormas Islam, untuk terus bersama-sama merawat Islam di Indonesia yang rahmatan lil alamin. Islam yang menaungi berbagai keyakinan keagamaan untuk hidup rukun dan toleran dalam memajukan Indonesia,” tegas politisi asal Sumenep tersebut.

Pada bagian lain, Said mengungkapkan, dalam simulasi pasangan bacapres dan bacawapres, sebagaimana yang di skemakan dalam survei Indikator, Ganjar juga unggul jika dipasangkan dengan sejumlah nama seperti Erick Tohir dan Sandiaga Uno.

Koalisi pendukung Ganjar Pranowo, lanjut Said, percaya bahwa bakal calon wakil presiden (Bacawapres) yang tepat akan menambah daya elektoral bagi pemenangan Ganjar Pranowo.

“Itulah sebabnya, Ibu Megawati dan Pak Mardiono, Pak Hari Tanoe dan Pak Oso akan sangat berhati-hati dalam menimbang sosok Bacawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo, sebab dua bulan mendatang jelang pendaftaran capres dan cawapres , situasi politik nasional akan semakin dinamis, dan memengaruhi peta politik nasional,” pungkasnya. ***

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

90 Pengusaha Thailand Siap Lakukan Transaksi Dagang di TEI 2016

BANGKOK-Sembilan puluh pengusahaa Thailand yang umumnya para pembeli potensial alias

DPR Harus Kuat Agar Pemerintah Tak Korup

BATAM-Korupsi di Indonesia berlangsung secara TSM (terstruktur, sistimatis dan masif),