SBY Optimistis KMP Dan PDIP Terima Perppu Pilkada

Monday 6 Oct 2014, 12 : 55 pm
by
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

JAKARTA-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan rasa syukurnya karena masyarakat mendukung Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) langsung.

Sekalipun sebagian kecil masih ragu Perppu ini bisa lolos di DPR.

Melalui fanpage facebooknya, SBYudhoyono, Senin (6/10), Presiden SBY menyampaikan penjelasan untuk menjawab keraguan masyarakat terkait Perppu itu.

Selasa, 30 September 2014 malam, kata SBY, ia bertemu Ketua Umum PAN Hatta Rajasa yang bawa pesan dan harapan dari pimpinan-pimpinan partai di Koalisi Merah Putih (KMP).

Meski Demokrat bukan bagian KMP, mereka ingin kebersamaan di DPR dan MPR.

“Akan itu saya respons positif dengan satu catatan, Partai Demokrat (PD) bersedia bersama-sama di DPR dan MPR, jika KMP mendukung Perpu Pilkada Langsung dengan Perbaikan yang akan saya terbitkan,” terang SBY seperti dikutip dari laman setkab.go.id di Jakarta, Senin (6/10).

Menurut Presiden SBY, sistem Pilkada Langsung dengan Perbaikan menjadi prioritas.

“Ini kehendak dan pengejawantahan kedaulatan rakyat,” ujarnya.

Selanjutnya, Hatta Rajasa langsung menyampaikan pesan dirinya dalam Rapat Pimpinan KMP. Malam itu juga, lanjut SBY,mereka setuju untuk dukung Perppu.

Hari berikutnya, 1 Oktober 2014, pembicaraan dengan KMP berlanjut.

SBY mengaku ingin ada persetujuan hitam di atas putih untuk dukung Perppu.

Namun, ‎berhubung Ketum Partai Golkar sedang berada di luar negeri, meskipun sudah setuju, SBY menepon langsung agar terjadi kebulatan.

“Sekitar pukul 20.00, saya terima lembar kesepakatan untuk (1) Kebersamaan di DPR & MPR; (2) Dukung Perpu Pilkada Langsung dengan perbaikan,” papar SBY.

Kesepakatan itu ditandatangani semua Ketum dan Sekjen, mulai dari PG, P Gerindra, PAN, PKS, PPP dan juga PD. Khusus PPP hanya Ketum.

Mungkinkah kesepakatan dilanggar? Menurut SBY, politik memang dinamis, tetapi tetap ada etikanya.

“Saya percaya KMP,” tegas SBY seraya menambahkan, apalagi, Perpu itu mewadahi kerisauan KMP terhadap hal-hal negatif dalam Pilkada Langsung,” ulasnya.

Ada juga yang khawatir jika justru PDI Perjuangan yang tolak Perpu itu. SBY meyakini mestinya tidak, karena justru PDI Perjuangan inginkan Pilkada Langsung, bukan Pilkada DPRD.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

TPDI: Aparat Polri di Labuan Bajo Bukan Robot Yang Seenaknya Digerakan Tuannya, Tetapi Abdi Negara

JAKARTA-Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) mengecam keras keterlibatan aparat Kepolisian

Terganjal Obligasi, BEI Perpanjang Suspensi Saham Waskita Karya

JAKARTA-Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memperpanjang penghentian perdagangan efek