SBY: TNI/Polri Harus Netral Atau Mundur Dari Jabatan

Monday 2 Jun 2014, 4 : 32 pm
by
Presiden SBY

JAKARTA-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku Panglima Tertinggi (Pangti) TNI-Polri mengumpulkan sekitar 282 perwira tinggi, jendral bintang dua ke atas, di jajaran TNI-Polri guna memberikan pembekalan dan arahan menghadapi Pemilu Presiden (Pilpres) yang akan dilaksanakan pada 9 Juli mendatang. Dalam pidatonya, SBY meminta TNI/Polri bersikap netral atau mundur dari jabatan jika tidak dapat menjaga netralitas. “Acara ini perlu dan penting, agar TNI dan Polri bertindak tepat dalam Pilpres 2014. Tepat sesuai amanat konstitusi dan Undang-Undang yang berlaku, dan tepat sesuai reformasi TNI-Polri yang dilakukan mulai tahun 1998 lalu,” kata SBY saat memberikan pengarahan kepada perwira tinggi seluruh petinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri di gedung Kemenhan, Jakarta Pusat, Senin (2/6/14).

Baca juga :  Perlu Terobosan Guna Perbaiki Pemilukada

Hadir dalam kesempatan itu antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menteri Pertahanan Purnomo Yosgiantoro, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Panglima TNI Jendral Moeldoko, Kepala BIN Marciano Norman, Kapolri dan para Kepala Staf TNI AD, TNI AU, dan TNI AL.

Dalam pidatonya, SBY meminta rakyat dan juga para Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) juga berharap TNI dan Polri harus tetap netral. “TNI dan Polri harus memberi kesempatan yang sama kepada pasangan Prabowo Subianto – Hatta Rajasa dan Joko Widodo – Jusuf Kalla agar berkompetisi secara damai, bermartabat, dan terhormat,” tegas SBY.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

BI dan 5 Kementrian Teken MoU Elektronifikasi Penyaluran Bantuan Sosial

JAKARTA-Bank Indonesia (BI), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

Jelajah Cita Rasa Nusantara Bersama Grand Swiss-Belhotel Darmo

SURABAYA – Kuliner khas Indonesia selalu menjadi pilihan utama bagi