Seagate Berhasil Jual 2 Miliar Hard Disk

JAKARTA- Penyedia solusi penyimpanan terdepan di dunia, Seagate Technology plc, mencatatkan diri sebagai perusahaan produsen hard disk pertama di dunia yang telah berhasil memasarkan dua miliar hard disk drives (HDD).  Peningkatan ini dipicu oleh meledaknya permintaan atas perangkat penyimpanan dari aplikasi mobile, infrastruktur cloud, aplikasi bisnis dan berbagai jenis pasar konsumen. “Sebagai pembuktian bahwa Seagate memegang peran yang luar biasa penting dalam dunia digital masa kini, satu milyar produk telah berhasil dipasarkan Seagate dalam waktu 29 tahun berdirinya, namun hanya butuh empat tahun setelahnya untuk memasarkan dua kali lipat jumlah tersebut. Ini tentunya merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa, dan saya bangga menjadi pemimpin perusahaan ini dalam meraihnya,” ujar CEO dan chairman Seagate Steve Luczo, di Jakarta, Kamis (14/3).

Pencapaian ini kata dia merupakan bukti komitmen pekerja-pekerja kami yang dedikasi kuat dan kebanggaan pribadi yang mereka miliki memungkinkan perusahaan ini untuk terus maju.

Dia mengaku, permintaan untuk konten digital terus bertambah dari berbagai industri, termasuk social media dan perangkat-perangkat seluler, memicu semakin banyaknya kebutuhan akan penyimpanan. Analis memperkirakan bahwa ada lebih dari 4 miliar jam konten video yang diunggah ke situs YouTube setiap bulannya. Sementara itu, kebutuhan akan penyimpanan baik untuk video high-definition hasil rekaman camcorder, foto-foto, maupun klip berbagi video dari smartphone diperkirakan akan bertambah sebanyak empat kali lipat sepanjang tahun 2013 hingga 2015. “Semakin meningkatnya jumlah perangkat mobile dan perangkat untuk mengabadikan momen yang mempergunakan layanan cloud memacu pertumbuhan konten digital,”  ujar wakil presiden riset IDC untuk hard drives dan semikonduktor, John Rydning.

Dia menambahkan perangkat-perangkat mobile serta komputasi awan saling mendukung satu sama lain untuk menyuburkan permintaan akan hard disk drive, dengan penjualan mencapai lebih dari 585 juta unit di tahun 2013, dan pemasaran hard disk drive berkapasitas Terabyte di seluruh dunia bertumbuh sebanyak 30 persen dalam CAGR (compound annual growth rate¹) 2012-2016. “Pada 2015, rumah tangga yang pada umumnya mengonsumsi 1TB data per bulan secara rutin diperkirakan akan menghasilkan data 20 kali lebih banyak dari yang mereka simpan,” papar research director Envisioneering Group, perusahaan konsultan dan riset di bidang teknologi, Richard Doherty.

“Kebutuhan konsumen dalam menyimpan dan mengatur konten multimedia high-definition dengan aman memerlukan kehadiran hard drive yang andal dan terpercaya. Teknologi dan produk Seagate menyediakan solusi ideal untuk melejitnya kebutuhan konsumen akan perangkat penyimpanan baik di dalam maupun di luar rumah mereka, baik kini maupun di masa depan,” pungkas dia