Selama 8 Bulan, BI Rate Bertahan di 7,5%

Thursday 17 Sep 2015, 9 : 01 pm
by
MenkeuI, Agus Martowardoyo

JAKARTA – Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan BI Rate sebesar 7,50%, dengan suku bunga Deposit Facility 5,50% dan Lending Facility pada level 8,00%.

Ini artinya, selama delapan bulan sudah terhitung sejak Februari lalu,  suku bunga sebesar 7,50 persen dipertahankan oleh bank sentral.

Keputusan tersebut sejalan dengan upaya membawa inflasi menuju pada kisaran sasaran sebesar 4±1% di 2015 dan 2016.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara menegaskan keputusan tersebut sejalan dengan upaya membawa inflasi menuju pada kisaran sasaran.

“Di samping itu, keputusan tersebut juga sebagai bagian dari langkah BI, dalam mengantisipasi kemungkinan kenaikan suku bunga kebijakan Bank Sentral AS,” jelasnya di Jakarta, Kamis (17/9).

Baca juga :  Di Tengah Pandemi, DPK BTN Melonjak 18,7 Persen

Untuk itu, jelasnya, fokus kebijakan BI dalam jangka pendek tetap diarahkan pada langkah-langkah untuk menjaga stabilitas nilai tukar, dengan terus memperkuat operasi moneter di pasar uang Rupiah dan valas. S

elain itu, bank sentral akan memperkuat pengelolaan penawaran dan permintaan valas, serta melanjutkan langkah-langkah pendalaman pasar uang.

“BI akan terus memperkuat bauran kebijakan moneter dan makroprudensial untuk memastikan tetap terjaganya stabilitas makroekonomi, khususnya stabilitas nilai tukar, dan stabilitas sistem keuangan dalam mendukung kesinambungan perekonomian,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Pemakzulan Anies Baswedan Pilihan Terbaik

Oleh: Petrus Selestinus Sudah 3 (tiga) tahun pemerintahan DKI Jakarta,

TN Komodo Antisipasi Sampah Lebaran

KUPANG-Otoritas Taman Nasional Komodo (TNK) di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai